Cara Cek Kualitas Kopi yang Bagus ala Baristas Kelas Dunia

| 04 May 2024 07:06
Cara Cek Kualitas Kopi yang Bagus ala Baristas Kelas Dunia
Cara cek kualitas kopi yang bagus (unsplash)

ERA.id - Cita rasa dan aroma kopi memang dapat membangkitkan semangat bagi para penikmatnya. Namun kenikmatan kafein tersebut sangat bergantung pada kualitas pemilihan biji kopi. Bagaimana cara cek kualitas kopi yang bagus?

Memilih biji kopi yang berkualitas memang tidak mudah. Di balik secangkir kopi yang Anda nikmati, terdapat proses yang panjang. Artikel ini akan memberikan gambaran, sehingga Anda dapat memilih kopi yang terbaik.

Cara Cek Kualitas Kopi yang Bagus

Kopi yang enak akan selalu memiliki aroma yang kuat dan kaya. Aroma tersebut melibatkan beberapa proses pengolahan kopi yang kompleks. Dilansir dari Coffee School berikut ini beberapa proses yang dilalui:

  1. Biji Kopi

Seiring dengan semakin populernya kopi, istilah seperti single-origin dan small batch roasting pun turut menjadi tren. Istilah ini bukan hanya kata kunci pemasaran karena dapat benar-benar mempengaruhi kualitas kopi yang diseduh.

Sebagai contoh, single-origin berarti kopi yang Anda minum terbuat dari jenis biji kopi yang berasal dari satu negara, bahkan terkadang dari satu perkebunan saja.

Biji kopi single origin tidak dicampur dengan biji kopi dari negara lain. Hal ini penting karena iklim suatu negara dapat sangat mempengaruhi profil rasa kopi dan proses pengolahan biji kopi setelah panen.

  1. Proses Sangrai (Roasting)

Kesegaran biji kopi terletak pada proses roasting atau sangrai. Tingkat sangrai biasanya terdiri dari ‘light’, ’medium’, ‘medium-dark’, dan ‘dark’. Roasting dapat memengaruhi tingkat keasaman, kemanisan, kepahitan, dan kekuatan kopi.

Proses roasting biji kopi (unsplash)

Light roast sendiri cocok untuk metode penyeduhan lambat, seperti cold brew dan pour-over, sementara dark roast lebih cocok untuk penyeduhan cepat menggunakan mesin espresso atau Moka pot.

  1. Grinder (Gilingan)

Perlu diketahui, proses oksidasi tidak berhenti setelah Anda menggiling biji. Dengan demikian, bubuk kopi segar akan menghasilkan kualitas yang lebih baik.

Selain itu, ukuran gilingan juga memengaruhi bagaimana Anda menikmati kopi. Gilingan kasar cocok untuk kopi yang dibuat menggunakan percolator, French press, dan plunger pot. Sementara gilingan halus dan ekstra halus lebih cocok untuk penyeduhan cepat dalam Moka pot dan mesin espresso.

  1. Kualitas Air

Karena sebagian besar minuman kopi sebagian besar terdiri dari air, maka kualitas air dapat mempengaruhi rasanya. Ketika Anda menggunakan mesin espresso dengan filter built-in, maka menggunakan jenis air yang tepat akan menghasilkan minuman yang berkualitas lebih baik.

Namun, jika Anda ingin menghilangkan kotoran dan kelebihan klorin tanpa menyaring semua mineral, maka hindari air suling atau air yang diolah dengan reverse osmosis.

Perlu diketahui, menggunakan air filter juga membantu memperpanjang umur mesin kopi. Selain itu, penggunaan filter juga dapat membatasi penumpukan kerak dan endapan mineral lainnya yang dapat berdampak negatif pada rasa kopi.

  1. Pengetahuan Barista

Kualitas kopi yang enak sangat dipengaruhi oleh kualitas biji kopi, sangrai, dan air, beserta kesegaran biji kopi dan cara penyimpanannya. Namun seorang barista yang hebat tidak hanya memahami beberapa hal tersebut, tetapi juga memiliki pengetahuan mendalam tentang berbagai faktor lain.

Selain cara cek kualitas kopi yang bagus, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi