Manfaat Jeruk yang Mesti Kamu Tahu

| 26 May 2019 18:55
Manfaat Jeruk yang Mesti Kamu Tahu
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Minum es jeruk atau jeruk hangat selagi buka bisa menjadi salah satu pilihan kamu berbuka saat puasa Ramadan.

Buah ini mengandung serat, gula, vitamin C, tiamin, folat, magnesium, fosfor, kalium dan antioksidan yang bagus untuk tubuh.

Selain itu, jeruk dapat meningkatkan kesehatan jantung, hingga mengurangi dehidrasi.

Dilansir dari Boldsky, Minggu (26/5/2019), buah ini mengandung banyak manfaat. 

1. Meringankan sembelit 

Serat yang ada pada jeru sangat baik untuk menjaga usus kamu. Serat pada jeruk akan membawa kotoran kamu keluar dengan baik, sehingga mencegah iritasi usus. 

2. Mengatur tekanan darah tinggi

Jeruk adalah sumber magnesium yang kaya, yang akan membantu mengatur tekanan darah. Flavonoid yang disebut hesperidin, yang secara alami ada dalam jeruk, juga membuat tekanan darah kita terkendali.

3. Mencegah kanker

Jeruk adalah sumber utama vitamin C, yang merupakan antioksidan dan penambah kekebalan tubuh. Juga, senyawa yang limonene--banyak ditemukan dalam jeruk--memiliki sifat penghambat kanker. Senyawa ini berfungsi ketika sistem kekebalan tubuh kita gagal. Ini mendeteksi sel-sel kanker dan menghancurkannya, serta mencegah timbulnya kanker.

4. Melindungi sistem kardiovaskular 

Antioksidan yang ada dalam jeruk melawan kerusakan akibat radikal bebas dan membantu mencegah oksidasi kolesterol. Kolesterol teroksidasi cenderung menempel di bagian dalam arteri dan membatasi suplai darah ke jantung, memicu serangan jantung. Antioksidan pada jeruk membantu menetralkan efek radikal bebas ini dan melindungi jantung dari penyakit. Konsumsi jeruk secara teratur dapat membantu melindungi tubuh kamu dari penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan jantung.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kaya akan vitamin C, jeruk dikenal kemampuannya meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan yang kuat dan stabil, tubuh kita mampu melawan infeksi dengan lebih baik dan mencegah penyakit. Juga, polifenol yang ada di dalamnya adalah antivirus untuk membunuh virus memasuki tubuh kita sebelum mereka dapat menyebabkan infeksi.

6. Membersihkan darah 

Jeruk adalah pembersih darah secara alami. Flavonoid dalam buah ini memulai aktivitas enzim dalam tubuh dan membantu hati mengeluarkan racun. Serat makanan di dalamnya membuat usus bergerak, dengan demikian menghilangkan limbah dan zat yang tidak diinginkan keluar dari tubuh. Properti detoksifikasi jeruk membantu membersihkan darah kamu lho.

7. Meningkatkan kesehatan tulang 

Jeruk memiliki jumlah vitamin D yang cukup, yang memastikan penyerapan kalsium yang tepat dan membantu perbakan tulang. Jeruk juga mengandung asam askorbat, yang membantu penyerapan kalsium yang lebih baik dan bagus untuk tulang.

8. Meningkatkan kesehatan mulut 

Jeruk sangat baik dalam kesehatan gusi. Mereka memperkuat pembuluh darah dan jaringan ikat. Jeruk juga mencegah perkembangan plak dan melapisi gigi dalam lapisan pelindung, mencegah korosi. Vitamin C dalam jeruk pun mampu mengurangi peradangan dan juga menjaga nafas tetap segar lebih lama dengan membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut dan membantu menjaga lidah yang terlapisi putih.

9. Mencegah penyakit ginjal 

Penelitian telah menemukan, konsumsi jeruk secara teratur membantu mencegah batu ginjal dengan mengeluarkan kelebihan sitrat dalam urin dan mengurangi keasamannya. Jeruk juga membantu fungsi ginjal dengan baik dengan mencegah tekanan darah tinggi dan mengontrol kadar gula, mengurangi stres pada mereka.

10. Mencegah asma 

Konsumsi jeruk secara teratur diketahui dapat mengurangi frekuensi serangan asma. Sifat anti-inflamasinya membantu mengurangi peradangan saluran udara. Mereka juga menetralisir kerusakan oksidasi oleh radikal bebas karena diketahui meningkatkan peradangan dan menyebabkan asma. Flavonoid yang ada dalam jeruk menurunkan sensitivitas bronkial. 

11. Membantu kesehatan otak

Jeruk juga mengandung fitonutrien dan asam folat yang berperan penting dalam mempromosikan perkembangan otak. Baik itu kemampuan kamu untuk berkonsentrasi atau mempelajari hal-hal baru. Sehingga, buah ini baik untuk meningkatkan kemampuan otak kamu.

Tags : buah kesehatan
Rekomendasi