Efek Samping Kurang Tidur Bagi Kesehatan Kamu

| 02 Nov 2019 19:33
Efek Samping Kurang Tidur Bagi Kesehatan Kamu
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Belakangan ini kamu kurang tidur? Eits, hati-hati ya, kurang tidur bisa mempengaruhi kesehatan kamu lho.

Apalagi, sudah kurang tidur, makanan yang kamu makan kurang sehat, jarang olahraga pula, itu bakal menganggu kesehatan.

Karena pada dasarnya, manusia membutuhkan enam jam tidur setiap hari agar pikiran berfungsi dengan baik dan agar tubuh tetap sehat. 

Alkohol dan kafein merupakan faktor yang membuat jam tidur kamu berantakan.

Melansir Boldsky, kurang tidur dapat mempengaruhi kesehatan. Tidak langsung dirasakan, tapi efek jangka panjang kurang tidur akan terasa nanti. Di antaranya:

1. Obesitas 

Di antara berbagai efek fisik dari kurang tidur, yang sangat umum adalah obesitas. Kurang tidur menyebabkan penurunan tingkat hormon leptin, yang meningkatkan produksi hormon ghrelin untuk nafsu makan. 

Kurang tidur juga menyebabkan peningkatan kadar insulin, sehingga menghasilkan lebih banyak penyimpanan lemak. 

2. Sistem kekebalan melemah 

Kurang tidur membuat penurunan produksi sitokin pelindung dan antibodi penangkal infeksi, sehingga sistem kekebalan tubuh kamu jadi terganggu. 

Selama tidur, tubuh manusia memperkuat sistem kekebalannya dengan memproduksi lebih banyak antibodi untuk perlindungan terhadap bakteri dan racun. 

Tetapi dengan kurang tidur, tubuh kamu tidak diberi kesempatan untuk memproduksi sitokin. Karenanya, tubuh manusia menjadi lebih rentan terhadap banyak penyakit dan infeksi, terutama sistem pernapasan. 

Masalah seperti pilek dan flu paling sering muncul. Bahkan, dalam beberapa kasus, kurang tidur dapat menyebabkan masalah paru-paru.

3. Otak gampang lelah

Kurang tidur dapat melelahkan otak karena membiarkan neuron tidak beristirahat. Kurangnya istirahat dapat merusak fungsi neuron perbaikan kerusakan, sehingga mengganggu fungsi kognitif kamu. Ini mengekang naluri kreatif, menganggu kemampuan untuk mengambil keputusan yang cepat dan cerdas, dan menyebabkan orang itu sering mengalami perubahan suasana hati. 

4. Menyebabkan gangguan neurologis 

Kurang tidur tidak hanya menyebabkan gangguan emosi tetapi juga menyebabkan penyakit psikologis dan neurologis yang serius juga. Ini termasuk mania, halusinasi, depresi kronis, paranoia dan perilaku yang sangat impulsif. 

5. Risiko penyakit kronis 

Ini adalah fakta berbasis bukti bahwa kurang tidur, dalam jangka panjang, meningkatkan kemungkinan seseorang mendapatkan masalah kesehatan yang mengancam jiwa. Masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, strok, diabetes, dan lainnya. Sangat umum di antara mereka yang kurang tidur. 

6. Kebiasaan makan tidak sehat

Tidak tidur di malam hari meningkatkan nafsu makan kamu. Sebab, kamu jadi sering nyemil karena tetap aktif dan terjaga.

7. Kehidupan seks yang buruk 

Stres dan meningkatnya ketegangan di antara hubungan pria dan wanita atas libido dan kehidupan seksnya, dapat dikaitkan dengan kurang tidur.

8. Gangguan kulit 

Pelepasan kortisol yang berlebihan karena kurang tidur dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Kortisol memecah protein-kolagen kulit yang membuat kulit kita halus. 

Beberapa malam tanpa tidur akan memberikan lingkaran hitam di bawah mata kamu. Selain itu, kondisi kurang tidur yang kronis dapat menyebabkan kulit kering dan keriput. 

9. Penyakit jantung 

Gangguan kardiovaskular seperti penyakit jantung dan tekanan darah tinggi cukup umum terjadi pada orang yang kurang tidur. Kurang tidur selama sehari sudah cukup untuk meningkatkan tekanan darah di antara pasien dengan hipertensi. 

10. Memori yang terganggu 

Ketika tubuh Anda tidak mendapatkan jumlah tidur yang tepat, itu menyebabkan sistem saraf pusat menjadi stres. Ini bisa memiliki konsekuensi mengerikan pada fungsi otak. 

Penelitian telah menemukan bahwa kurang tidur telah menyebabkan gangguan memori pada banyak orang.

11. Mempengaruhi ritme sirkadian 

Tubuh kita dirancang untuk bekerja pada siang hari dan istirahat pada malam hari. Kerusakan ini akan mempengaruhi seluruh keseimbangan tubuh. Ritme sirkadian yang tidak seimbang akan memengaruhi fungsi tubuh.

Tags : kesehatan
Rekomendasi