Dikenal Punya Manfaat Kesehatan, Bagaimanakah Efek Samping Kayu Bajakah?

| 16 Oct 2022 21:03
Dikenal Punya Manfaat Kesehatan, Bagaimanakah Efek Samping Kayu Bajakah?
Ilustrasi minuman dari kayu bajakah (antaranews)

ERA.id - Bajakah termasuk tanaman kayu yang dimanfaatkan sebagai obat tradisional berbagai jenis penyakit oleh sebagian orang. Bagian tanaman yang biasanya digunakan adalah akar dan batang. Meski demikian, ada efek samping kayu bajakah yang harus diperhatikan.

Penjual akar bajakah (antaranews)

Dalam jurnal berjudul Halal Critical Point Analysis of Bajakah Wood (Spatholobus littoralis Hassk) Nano Particle as Anticancer Agent, disebutkan bahwa kayu bajakah memiliki kandungan senyawa aktif fenolik, flavonoid, tanin, dan saponin yang berpotensi menjadi antikanker.

Sementara, dikutip dari buku berjudul Referensi Batang Pohon Bajakah Tampala sebagai Peningkat Imunitas, kayu bajakah diklaim memiliki beberapa manfaat lain untuk kesehatan. Berikut rincian dan penjelasannya.

Manfaat Kayu Bajakah

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kayu bajakah mengandung berbagai zat aktif yang dimanfaatkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, misalnya saponin. Ini merupakan senyawa kimia glikosida aktif yang punya kemampuan sebagai imunomodulator melalui peningkatan produksi antibodi.

2. Sumber antioksidan

Beberapa zat yang terkandung dalam kayu bajakah adalah senyawa fenolik, tanin, steroid, alkaloid dan terpenoid. Kandungan tersebut memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi. Salah satu fungsi antioksidan adalah menangkal efek radikal bebas.

3. Melawan sel tumor dan kanker

Kandungan senyawa fitokimia dan antioksidan yang ada pada kayu bajakah dinilai mampu melawan sel tumor dan kanker.

4. Mencegah infeksi bakteri

Ekstrak dari kayu bajakah dipercaya bermanfaat mencegah infeksi bakteri, terutama Escherichia coli. Manfaat tersebut disebut berasal dari kandungan senyawa flavonoid, saponin, tanin, dan polifenol.

5. Menyembuhkan luka fisik

Kandungan senyawa flavonoid, fenolik, dan tanin yang terdapat dalam kayu bajakah memiliki kemampuan untuk mempercepat penyembuhan serta menghentikan perdarahan akibat luka fisik.

Ada Efek Samping Kayu Bajakah?

Dikutip Era dari Sehat Negeriku, portal berita Kementerian Kesehatan RI, khasiat dan keamanan kayu bajakah bagi kesehatan butuh penelitian lebih lanjut. Dijelaskan bahwa potensi bajakah sebagai obat baru dibuktikan melalui penelitian terhadap hewan. Kayu tersebut perlu dilakukan uji klinis terkait efeknya terhadap manusia.

Selain itu, akar bajakah juga dinilai memiliki manfaat yang serupa. Namun, hal tersebut butuh penelitian. Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Peningkatan Pelayanan Kesehatan, Akmal Taher, menyebut akar bajakah sebagai obat kanker merupakan potensi yang bagus. Namun, terlalu dini untuk mengklaim akar bajakah sebagai obat kanker.

“(Akar bajakah) berpotensi bagus, tapi untuk mengklaim sudah bisa menyembuhkan kanker, saya kira agak terlalu dini,’’ terang Akmal pada konferensi pers terkait penemuan akar bajakah, Jakarta, Senin, 26 Agustus 2019.

Dia menjelaskan, dalam penentuan suatu obat harus dilihat dari dua sisi, yaitu keamanan dan khasiat. Kalau tidak aman, misalnya punya efek samping, tentu tidak akan dipakai.

“Tentang khasiat ini harus dibuktikan biasanya waktu kita mengklaim suatu obat bisa membunuh kanker atau menyembuhkan kanker itu memerlukan bukti. Nah, bukti itu dari metodologi penelitian yang betul. Sekali lagi ada keamanan dan berkhasiat,” tambahnya.

Sementara, penelitian yang diterbitkan oleh Global Medical and Health Communication pada 2021 menjelaskan, efek samping kayu bajakah antara lain bisa menyebabkan gejala keracunan, seperti mual dan muntah. Hal tersebut tergantung kondisi kesehatan orang yang menggunakannya.

Penggunaan kayu bajakah sebagai obat penyakit serius, seperti kanker, dinilai terlalu dini dan berisiko. Selain manfaat, efek samping kayu bajakah juga perlu riset lebih lanjut. Jika Anda ingin menjadikan kayu bajakah sebagai obat tradisional, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Rekomendasi