Gundala Akan jadi Pemersatu Para Superhero Lokal

| 30 May 2019 11:40
Gundala Akan jadi Pemersatu Para <i>Superhero</i> Lokal
Gundala (Instagram/@gundalaofficial)
Jakarta, era.id - Tak terasa, film jagoan Gundala garapan Bumilangit Studios, Screenplay Films dan Legacy Pictures akan tayang kurang dari tiga bulan lagi. Satu per satu teaser sudah disuguhkan dan membuat penikmat film Indonesia tak sabar untuk menyaksikan pahlawan super lokal legendaris itu. Yang menarik, Gundala versi Joko Anwar tak hanya legenda, tapi juga pemersatu.

Seperti yang dituturkan Joko kepada era.id, bahwa Sancaka adalah karakter yang dibutuhkan sebagai pemersatu, baik berkaitan dengan jagat sinematiknya atau kondisi yang tengah terjadi di tengah masyarakat saat ini. 

"Gundala atau adalah jenis karakter yang kita semua butuhkan saat ini. Seorang yang membela kepentingan yang lebih besar, dalam artian negerinya," kata sang sutradara.

Sifat dari Sancaka tersebut sudah lama terlihat semenjak kisah Gundala dituliskan oleh Hasmi. Sang tokoh dikenal sebagai figur yang mudah bergaul dan banyak teman. Gundala juga suka muncul di komik lainnya sehingga ia pula yang akhirnya menyatukan para superhero lainnya. 

"Di komiknya Gundala suka muncul di berbagai komik lainnnya, kayak di Godam dan lain-lain. Ia punya banyak teman superhero lainnya." 

Hal itu memang terlihat di komiknya, di mana Gundala akan menginisiasi bersatunya kelompok jagoan Indonesia seperti Avengers-nya Marvel atau Justice League-nya DC Comic. Mereka menamakan kelompoknya Patriot.

Patriot nantinya terdiri dari Gundala, Godam, Maza, Jin Kartubi, dan Aquanus. Konon, para karakter dari tim Patriot juga akan menunggu giliran penayangan dari pihak Bumilangit, dengan memunculkan Gundala sebagai tokoh yang membuka jagat sinematik Bumilangit yang nantinya akan mempersatukan para jagoan lainnya. 

Tentu penggambaran karakter jagoan inisiator seperti itu pada sebuah film menjadi pekerjaan rumah yang cukup berat. Termasuk memilih tokoh yang tepat untuk memerankannya. 

"Saya merasa Abimana (yang memerankan Sancaka/Gundala) memiliki kesamaan dengan katakter Sancaka. Ia karakter yang rapuh, tapi juga though. Selain itu, karakter Sancaka ini menyuarakan hope akan sesuatu yang lebih baik," imbuh Joko. 

Supaya kamu tahu, Gundala pertama kali muncul dalam komik Gundala Putra Petir yang dirilis oleh Penerbit Kentjana Agung, pada tahun 1969 silam. Saat maraknya komik silat di pasaran, Hasmi bersama beberapa rekannya malah tampil dengan gaya berbeda, mengadaptasi komik asing namun diserap dengan kearifan lokal.

Dari sekian banyak hal tersebut, Gundala berhasil menjadi salah satu yang paling menonjol karena kekuatan dan aksinya yang seru. Gundala pun menjelma menjadi jagoan milik semua orang pada eranya. Kepopulerannya melampaui usia maupun pergaulan. Maka tak heran setelah berdekade sosoknya tetap melekat sebagai jagoan keren yang patut diteladani.

Rekomendasi