Mencari Tahu Kebaikan Wortel Bagi Tubuh

| 27 Jun 2019 17:43
Mencari Tahu Kebaikan Wortel Bagi Tubuh
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Wortel merupakan salah satu sayuran yang bermanfaat. Sayur yang identik dengan warna oranye ini acap kali dianggap bermanfaat bagi kesehatan mati. Sebabnya, mereka adalah sumber senyawa tanaman yang baik seperti beta-karoten, alfa-karoten, likopen, lutein, anthocyanin, dan polyacetylenes, serta vitamin A.

Selain baik untuk kesehatan mata, ternyata sayur yang jadi makanan keseukaan tokoh animasi Bugs Bunny ini punya banyak manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari Boldsky, ada setidaknya delapan manfaat dari wortel.

1. Membantu penurunan berat badan

Wortel rendah kalori dan serat. Bila dimakan sebagai bagian dari diet kamu, ini bisa meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori dalam makanan berikutnya. Jadi, jika berencana menurunkan berat badan, tambahkan wortel ke dalam makanan kamu.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Wortel menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Ini akan mengurangi risiko penyakit jantung dan strok. Sayuran ini adalah sumber serat dan antioksidan yang baik seperti karotenoid, vitamin C dan polifenol yang berkontribusi terhadap kesehatan jantung.

3. Menurunkan risiko kanker

Wortel memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko berbagai jenis kanker seperti kanker paru-paru, prostat, usus besar, dan perut. Menurut sebuah penelitian, keberadaan karoten dalam wortel diketahui melindungi terhadap kanker paru-paru dan kanker payudara. Studi lain menunjukkan hubungan antara konsumsi wortel dan menurunkan risiko kanker usus.

4. Mengurangi tekanan darah

Wortel adalah sumber potasium yang sangat baik, yang membantu meredakan ketegangan di pembuluh darah dan arteri, dan meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi menyebabkan serangan jantung dan stroke. 

5. Dapat mengendalikan diabetes

Wortel memiliki phytochemical dan antioksidan yang membantu mengatur gula darah. Menurut Harvard Health, indeks glikemik (GI) wortel adalah 39, yang sangat rendah dan menyebabkan kenaikan kadar glukosa darah yang lebih rendah.

6. Menjaga kesehatan mata

Kadar vitamin A yang rendah dalam tubuh meningkatkan risiko rabun senja. Mengkonsumsi wortel dikatakan dapat menurunkan risiko kebutaan malam dan degenerasi makula terkait usia.

7. Memperkuat sistem kekebalan tubuh 

Wortel adalah sumber vitamin C yang baik, antioksidan yang larut dalam air yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga mencegah penyakit kronis dan mengurangi keparahan pilek dan flu.

8. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Tingginya jumlah vitamin A yang ditemukan dalam wortel berkontribusi pada kesehatan kulit dengan mendorong produksi sel sehat yang membantu menjaga kulit tetap kencang dan sehat. Vitamin A juga dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut dan mencegah kerusakan rambut.

Tapi ternyata, wortel juga punya kesehatan untuk tubuh. Bagi kamu yang alergi terhadap serbuk sari, mengonsumsi wortel akan membuat alergi itu menguat. Reaksi alergi ini bisa membuat mulu kamu bengkak dan gatal.

Rekomendasi