Dry Cleaning Sepatu Kekinian ala Rockickz
Dry Cleaning Sepatu Kekinian ala Rockickz

Dry Cleaning Sepatu Kekinian ala Rockickz

By ahmad syarif | 18 Jan 2018 18:18
Jakarta, era.id – Bisnis jasa laundry  dan dry cleaning mungkin  terdengar biasa dan udah jadi bisnis yang mainstream. Eits, tapi laundrydan dry cleaning apa dulu nih? Kalau laundry selimut, sprei, atau laundry pakaian kiloan sih memang sudah biasa. Kalau laundry khusus sepatu gimana ya? 

Jasa laundry atau dry cleaning sepatu telah menjadi peluang bisnis baru yang banyak dimanfaatkan di Jakarta kira-kira sejak empat tahun lalu. Walau begitu, sampai saat ini, sektor bisnis tersebut belum sampai menjamur di mana-mana. Peluang ini dimanfaatkan oleh Iwan Hoediarto yang saat 2014 lalu membuka took dry cleaning sepatu premium bernama Rockickz di Pasar Santa, Jakarta Selatan. Kini Rockickz telah menjangkau Jakarta dan Surabaya dengan total 10 toko.

Rockickz melayani jasa dry cleaning premium untuk sepatu, tas, dan topi. Masing-masing punya rentang harga yang berbeda berdasarkan bahan atau ukuran yaitu Rp100 ribu-Rp120 ribu untuk sepatu, Rp450 ribu-Rp750 ribu untuk tas, dan hanya Rp50 ribu untuk topi. Nggak cukup dengan dry cleaning aja, ternyata Rockickz juga buka jasa pewarnaan ulang loh atau dikenal dengan recolouring. Harganya lebih mahal dari dry cleaning karena butuh cat khusus yang diimpor langsung dari Amerika untuk recolouring ini.

Jenis dan merek sepatu serta tas yang diterima Rockickz tentunya sangat beragam, dari harga ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Namun bagi Iwan, sang pemilik Rockickz yang telah berhasil membuat Rockickz memproduksi cairan sabun sendiri, sebenarnya segala material dari segala jenis merek sepatu atau tas biasanya sama, atau setidaknya mirip-mirip.

“Jadi setiap material itu sebenarnya similar, jadi semuanya tuh hampir sama. Jadi kita men-treat semua brand, semua merek di sini, harga semua kita pukul rata”  tutur Iwan.

“Material mungkin totalnya bisa 15-20 material saja dari semua merek yang ada di dunia ini” lanjut Iwan saat diwawancarai Era.id.

Jasa dry cleaning dan recolouring di Rockickz dilakukan langsung dengan tangan menggunakan sikat dan lap khusus. Setiap prosesnya dikerjakansangat teliti karena Rockickz punya prinsip untuk ngasih layanan terbaik buat pelanggannya. Jadi sepatu, tas, dan topi kita nggak akan diselesaikan asal-asalan deh!

Tags :
Rekomendasi
Tutup