Iklan Animasi Indonesia Ala Film Makoto Shinkai

| 07 Sep 2019 16:29
Iklan Animasi Indonesia Ala Film Makoto Shinkai
Iklan Pocari Sweats bergaya Anime
Jakarta, era.id - Salah satu iklan minuman, Pocari Sweat menampilkan hal baru dalam campaign mereka. Video iklan pengganti ion tubuh itu hadir dalam nuansa anime khas Jepang namun berbalut keragaman Indonesia.

Video berdurasi 1 menit yang diluncurkan pada Jumat (6/9) kemarin, telah ditonton lebih dari 21.192 kali serta disukai ribuan warganet. Dalam video tersebut memberikan informasi terkait audisi yang akan diadakan oleh produsen minuman berion tersebut, 'Bintang SMA' begitulah judul yang diberikan Pocari Indonesia.

"Jika kamu bertekad untuk mewujudkan mimpi, kamu pasti akan menemukan jalannya. Reza dan Ayu adalah kisah tentang dua anak SMA yang meraih mimpi di Bintang SMA. Tekad untuk melihat dunia lebih jauh membawa mereka ke tempat yang sama. Begitu juga dengan kamu, ayo tunjukkan bakatmu dan jadilah bintang iklan Pocari Sweat selanjutnya," tulis pada kolom caption Youtube PocariID, Sabtu (7/9/2019).

Dikutip dari situs resminya, audisi 'Bintang SMA' merupakan ajang pencarian bakat online terbesar di Indonesia. Di mana seluruh pesertanya merupakan pelajar SMA atau sederajat, dengan cara mengunggah video penampilan bakat kalian ke akun Instagram @Pocariid beserta tagar #BintangSMA, selama pada 7-30 September 2019.

Selain audisinya, tak sedikit warganet yang berdecak kagum dengan gaya visual iklan bernuansa anime itu. Banyak yang berpendapat kalau sosok creator dibalik iklan ini adalah Makoto Shinkai, sutradara dari film Kimi no Na wa (Your Name), Tenki no Ko (Weathering with You) dan banyak karya lainnya.

 

Karya Makoto Shinkai?

Bukan hanya dari segi visual dan musiknya saja yang bernuansa Makoto Shinkai. Jalan cerita kedua karakter pelajar SMA bernama Reza dan Ayu yang berbeda tempat di Jakarta dan Bali ini makin menguatkan dugaan warganet. Apalagi narasi yang disampaikan untuk berjuang bersama-sama meraih mimpi di ajang audisi Bintang SMA. Belum lagi lagu pengisi iklan yang dinyanyikan oleh duo Sukima Switch.

Memang tak heran jika sutradara spesialis pembuat galau, Makoto Shinkai ini menggarap iklan pendek yang bisa menggetarkan perasaan begitu mendalam. Sebab dirinya memang kerap kali membuat iklan serupa. 

 

Dilansir dari media ANN, sutradara film 'Your Name' itu memang kerap mengerjakan proyek iklan dengan grafis yang memanjakan mata, bahkan untuk iklan berdurasi 30 detik. Dirinya pernah berkolaborasi untuk membuat iklan  Perusahaan kontraktor Taisei Jepang yang mengerjakan pembangunan bandara internasional Noi Bai di Vietnam pada tahun 2014. Shinkai juga pernah membuat iklan untuk layanan edukasi Z-Kai dan grup Real Estate Nomura.

Meski visualisasi dari iklan mirip dengan karya Makoto Shinkai, namun tak menutup kemungkinan juga kalau animasi itu dibuat juga oleh kreator asal Indonesia. Sebab tak sedikit pula animator asal Indonesia yang mampu menampilkan visualisasi dan nuansa buatan anak bangsa.

 

Rekomendasi