Cara Truecaller Ungkap Nomor Anonim di WAG 'Anak STM'

| 01 Oct 2019 18:24
Cara Truecaller Ungkap Nomor Anonim di WAG 'Anak STM'
Truecaller (Foto: www.labonstack.com)
Jakarta, era.id - Jagat dunia maya sedang ramai perbincangan mengenai Truecaller. Aplikasi ini menjadi pembahasan karena dianggap bisa memberikan informasi lain dari sebuah screenshot percakapan WhatsApp Group (WAG) 'Anak STM' yang tersebar di media sosial.

Tangkapan layar tersebut menunjukkan adanya pembahasan mengenai aksi demo yang belum dibayar. Tapi, aplikasi Truecaller memberikan informasi berbeda. Dengan aplikasi itu, warganet menemukan bahwa nomor-nomor yang ada dalam tangkapan layar itu diduga dimilik oleh anggota kepolisian.

 

Baca Juga : Fitur Pendeteksi Ponsel pada Kamera Lalu Lintas Ancam Pengemudi

Apa Sebenarnya Aplikasi Truecaller?

Truecaller adalah aplikasi smartphone yang bisa menunjukkan nama penelpon tak dikenal. Aplikasi asal Swedia ini dapat memberikan informasi nama penelpon yang tak tersimpan dalam kontak Anda.

Truecaller juga menyediakan fitur blokir di dalamnya. Pengguna memiliki opsi untuk memblokir nomor-nomor yang tidak diinginkan.

Truecaller biasanya digunakan orang-orang yang sering mendapat telepon dari Call Center atau orang yang berusaha menipu. Dengan fitur yang ada, pengguna terbantu menghindari nomor-nomor telepon yang menganggu.

Baca Juga : Jerat Deepfake dalam Manipulasi Informasi Video

Bagaimana Cara Kerja Truecaller?

Dari situs resminya, Truecaller mengklaim memiliki 150 juta pengguna aktif setiap hari dari 500 juta aplikasi terunduh sejak berdiri pada 2009. Aplikasi ini mengakses kontak para pengguna yang mendaftarkan dirinya.

Pengguna akan mendapat permintaan izin agar Truecaller bisa mengakses kontak di ponselnya, saat pertama kali mendaftar. Kemudian, data-data milik pengguna dikumpulkan dan diolah dengan algoritma sehingga menemukan kesamaan data antar pengguna.

Inilah cara Truecaller bisa mengetahui informasi dari nomor telepon yang tidak tercatat di phone book pengguna. Tapi informasi dari Truecaller bisa saja salah, karena pengguna kerap kali tidak memutakhirkan data kontak di ponselnya.

Rekomendasi