Jesus Shoes: Sepatu Suci dengan Desain Spiritual

Tim Editor

Sepatu Yesus. (Foto: jesus.shoes)

Jakarta, era.id - Baru-baru ini lini masa heboh. Penyebabnya sebuah maha karya dari perusahaan seni kreatif berbasis di Brooklyn, Amerika Serikat. Mereka menciptakan Sepatu Yesus atau Jesus Shoes, yang disebut-sebut sebagai kolaborasi paling suci.

Label fesyen MSCHF menciptakan sepatu dengan desain spiritual bernama MSCHF X INRI Jesus Shoes yang habis terjual dalam hitungan menit pada Selasa kemarin. Sepatu ini dibanderol dengan harga 3.000 dolar AS atau sekitar Rp42 juta, demikian dikutip dari CBS News, Rabu (16/10/2019).

Disebut sebagai Jesus Shoes karena sepatu seri terbatas Nike Air Max 97s berwarna putih ini dimodifikasi dengan air suci dari Sungai Yordan. Bahkan katanya sudah diberkati juga oleh seorang pendeta di Brooklyn. Bila diamati lebih dekat, sneakers ini memiliki air suci yang menggenang di bagian sol sepatunya.

Selain air suci, sepatu ini juga mencantumkan ayat Alkitab Matius 14:25. Ayat ini menggambarkan Yesus yang berjalan di atas air. "Dan pada jaga keempat malam Yesus pergi kepada mereka, berjalan di laut..." demikian bunyi ayat yang tidak dikutip secara lengkap.

Jika dilihat dari atas, terdapat setetas darah yang di lidah sepatu mewakili darah Kristus. Untuk memberikan sentuhan yang lebih religius, label fesyen juga meletakkan sebuah salib yang dirangkai pada tali sepatu.

Baca Juga: Zedd Dilarang Masuk ke China
 

Bukan hanya tampilan luar saja, bagian dalam sol juga memiliki warna merah yang merepresentasikan sepatu merah yang pernah dipakai Paus pada masa lalu. Selain itu, pada masing-masing sol sepatu ini memiliki aroma kemenyan. Kemenyan sendiri menjadi salah satu di antara tiga hadiah yang diberikan kepada bayi Yesus.

Sebagai sentuhan terakhir, MSCHF juga mendesain khusus kemasan sepatu ini. Kotak sepatu menampilkan malaikat dengan meterai yang serupa dengan meterai kepausan resmi. 


Sepatu Yesus. (jesus.shoes)

Baca Juga: Pharrell Akui Menyesal Membuat Blurred Lines

Bukan tanpa alasan ternyata sepatu unik ini diciptakan. Sebenarnya, sepatu ini didesain dengan tujuan untuk mengkritik budaya kolaborasi yang saat ini terjadi. Kepala Marketing Daniel Greenberg mengatakan, ia melihat ada ketidakjelasan pada budaya kolaborasi. 

"Kami melihat kolaborasi Arizona Iced Tea and Adidas. Kami penasaran bagaimana jika sepatu dikolaborasikan dengan Yesus. Kami ingin membuat pernyataan tentang bagaimana ketidakjelasan budaya kolaborasi tersebut," ujarnya kepada New York Post. Arizona Iced Tea and Adidas sendiri merupakan kolaborasi antara produk minuman es teh di Bodegas dengan sepatu Adidas. 

Daniel melanjutkan, "Kami membayangkan, akan seperti apa kolaborasi dengan Yesus Kristus? Saya sendiri seorang Yahudi, jadi yang saya tahu hanyalah dia bisa berjalan di atas air. Ini akan menjadi kolaborasi tersuci."

Untuk mempromosikan sepatu ini, MSCHF mengirimkan sekitar enam pasang ke YouTuber dan bintang lainnya, seperti rapper rapper A$AP Rocky, sebelum peluncuran resmi. Sementara itu, untuk produksi Jesus Shoes ini, MSCHF hanya memproduksi kurang dari dua lusin sepatu. Mereka juga tak berencana untuk menambah produksi meski permintaan untuk sepatu ini cukup baik. 

Menurut Greenberg, MSCHF adalah media kontra-budaya yang bermain di area abu-abu, dan belum terdefinisikan oleh pendekatan tradisional. Produknya sebelum Jesus Shoes ini adalah Times Newer Roman, font baru klasik Times New Roman.

Pembedaan font keduanya hanya setiap huruf memiliki ukuran lebih besar sekitar 5-10 persen. Ini dibuat untuk memudahkan siswa dalam mengerjakan makalah mereka. Perusahaan ini juga menciptakan plug-in internet yang membuat halaman Wikipedia terlihat seperti sumber nyata.
 

Tag: nike ardilla

Bagikan: