Beratnya jadi Pemilik Cardigan Kurt Cobain

| 23 Oct 2019 20:07
Beratnya jadi Pemilik Cardigan Kurt Cobain
Kurt Cobain (YouTube)

Jakarta, era.id - Tahun 2015 lalu, Garrett Kletjian berhasil mendapatkan cardigan Kurt Cobain yang digunakan sang legenda saat tampil di MTV Unplugged pada 18 November 1993. Kini, cardigan ikonik itu kembali dilelang oleh Garrett.

Lewat perusahaan lelang bernama Julien's Auctions, Garrett menargetkan angka 300 ribu dolar AS. Lelang akan digelar selama tiga hari, terhitung dari Jumat hingga Minggu pekan ini. Lelang akan digelar secara offline di Hard Rock Cafe New York dan secara online di Julien's Live.

Dalam wawancara dengan Rolling Stones, Garrett mengungkapkan alasannya melelang cardigan yang ia dapatkan di tahun 2015. Ia berkata: Ketika saya membukanya (cardigan), saya merasa 'Oh, saya akan bertanggung jawab untuk ini. Seperti ketika anak saya lahir beberapa tahun lalu, saya senang saat melihat mereka. Tapi, saya merasa, oh tidak'.

Beban tersebut dirasakan Garrett. Ia bahkan mengatakan tak merasa layak mengenakan cardigan Cobain. Seperti memakai sepatu orang lain, katanya. “Rasanya aneh. Sebuah hal yang mengejutkan ketika Anda melakukan seperti itu. Ketika saya memakainya, saya merasa ‘Ah tidak. Tuhan, saya tidak mau memakai ini.'”

Juru lelang dari Julien’s Auctions mengatakan, pihaknya memastikan cardigan Cobain masih dalam kondisi utuh. Bahkan, ia mengatakan, penting bagi pihaknya untuk memastikan cardigan tersebut tak tercuci. Bahkan, noda dan bekas rokok yang terbakar masih bisa dilihat dari cardigan tersebut.

Cardigan tersebut dikenakan Cobain di acara MTV Unplugged. Ia tampil bersama Nirvana dan membawakan sejumlah lagu seperti The Man Who Sold The World, About a Girl, serta Come As You Are. Penampilan ini bahkan dirangkum ke dalam sebuah album "MTV Unplugged in New York" setelah meninggalnya Cobain.

Cobain bahkan dikabarkan mengenakan cardigan tersebut beberapa bulan sebelum kematiannya. Hal ini yang konon juga memberatkan Garrett. “Ia terlihat sangat sulit saat itu. Saat saya melihat cardigan ini sebagaimana sesuatu yang ia pakai setiap hari. Rasanya nyaman dan familiar. Saya suka ide bahwa cardigan ini memberikannya sedikit kenyamanan.”

 

Tags : musik rock
Rekomendasi