Tulus 'Jagoan' di Spotify Tahun Ini

Tim Editor

    Tulus. (Twitter @tulusm)

    Jakarta, era.id - Spotify merilis daftar artis, album, dan lagu yang paling banyak didengarkan sepanjang tahun 2019 di Indonesia. Layanan streaming musik global itu menobatkan Tulus sebagai musisi lokal yang paling banyak diputar.

    Kilas balik 2019 yang terangkup dalam "Wrapped" ini, menyebut bahwa pelantun lagu Sepatu itu merupakan artis lokal yang paling banyak diputar di Spotify Indonesia. Tahun lalu, Tulus juga tercatat sebagai artis Indonesia pertama yang memecahkan rekor satu juta pengikut di Spotify.

    Prestasi yang ditorehkan pria kelahiran Bukittinggi, Sumatra Barat, 20 Agustus 1987 itu bukan kali ini saja. Sebelumnya, Tulus juga pernah dinobatkan majalah Rolling Stone Indonesia sebagai 'Editor's Choice: Rookie of The Year tahun 2013'. Kemudian pada tahun 2017, lima piala AMI Awards dari album Monokrom juga berhasil boyong alumni Universitas Katolik Parahyangan, Bandung itu.

    Setidaknya ada 50 penghargaan baik di bidang musik maupun sinematografi yang didapatkan Tulus dalam tujuh tahun kariernya di dunia musik.

    Selain Tulus, artis lokal yang paling banyak diputar di Spotify Indonesia adalah Fiersa Besari. Sedangkan musisi luar yang paling banyak diputar di Indonesia adalah BTS, Alan Walker, dan Ed Sheeran, demikian dikutip Antara, Kamis (5/12/2019).

    Secara global, BTS sendiri sudah diputar lebih dari 3 miliar kali oleh pengguna Spotify sepanjang 2019. Lagu Boy with Luv bersama Halsey pun menjadi lagu K-pop yang paling banyak diputar sepanjang 2019.

    Penyanyi sekaligus penulis lagu Stephanie Poetri, turut menorehkan prestasi di dunia musik Tanah Air. Lagu hits-nya yang berjudul I Love You 300 berada di urutan keempat sebagai lagu yang paling banyak diputar di Spotify Indonesia tahun ini. Lagu tersebut juga sempat menduduki peringkat pertama pada tangga lagu Spotify Global Viral 50.


    Infografik. (Ilham/era.id)

    Tag: album musik industri musik

    Bagikan :