Cara Membuat Spotify Wrapped 2023 yang Sedang Viral di Media Sosial

| 30 Nov 2023 23:06
Cara Membuat Spotify Wrapped 2023 yang Sedang Viral di Media Sosial
Cara membuat spotify wrapped 2023 (X)

ERA.idSpotify menyimpan catatan lagu dan artis yang telah Anda dengarkan selama ini dan yang paling banyak dibagikan di media sosial melalui fitur Spotify Wrapped. Lantas bagaimana cara membuat spotify wrapped 2023?

Sejak dimulai pada tahun 2016, banyak yang meniru kampanye Spotify Wrapped untuk analisis tahunan para penggunanya. Tidak hanya platform streaming seperti Apple Music, tetapi juga untuk berbagai industri lain seperti Washington Post, Duolingo, Reddit, dan Nintendo melakukan cara ini.

Popularitas Spotify Wrapped

Wrapped menyajikan analisis dalam grafis yang dapat disesuaikan, berkilauan, yang siap dipamerkan di Instagram Stories.

Popularitas Spotify Wrapped telah berkembang pesat selama bertahun-tahun. Misalnya pada tahun 2017, ada 30 juta pengguna Spotify yang mengaksesnya, dan pada tahun 2021, jumlahnya lebih dari 120 juta.

Pada tahun 2021, hampir 60 juta grafik Spotify Wrapped juga dibagikan di berbagai platform media sosial.

Kemudian pada tahun 2022 tidak berbeda, lebih dari 156 juta pengguna terlibat dengan Wrapped. Fenomena tersebut menjadi begitu populer sehingga orang—bahkan senator AS dan kepolisian federal Australia—tidak ketinggalan untuk membuat meme dari fenomena akhir tahun tersebut.

Cara Membuat Spotify Wrapped 2023

Untuk mendapatkan Spotify Wrapped, pengguna harus berlangganan Spotify. Selain itu, dengan melakukan pembaruan versi terbaru maka kemungkinan besar akan langsung membawa Anda ke Spotify Wrapped.

Cara paling mudah bagi para pengguna Spotify di desktop dan di ponsel adalah dengan mengetik "Wrapped" di bilah pencarian. Anda juga dapat mencari tombol Spotify Wrapped di halaman utama.

Spotify Wrapped akan mengumpulkan data Anda (X)

Algoritma dibalik Spotify Wrapped

Spotify Wrapped akan mengumpulkan data Anda sepanjang tahun. Menurut juru bicara Spotify data yang digunakan untuk Wrapped 2023 melibatkan konten yang diputar dari Januari hingga tanggal yang tidak diungkapkan

"beberapa minggu sebelum peluncuran (tanggal 29 November untuk tahun ini) Kami berusaha meninggalkan tanggal pemotongan sebanyak mungkin untuk menciptakan pengalaman yang benar-benar personal," jelas kata juru bicara dilansir dari TIME.

Kemudian agar lagu atau podcast dianggap diputar, seorang pengguna harus mendengarkannya selama 30 menit atau lebih. Tiga statistik akhir tahun yang paling ditunggu-tunggu (album teratas, lagu teratas, dan artis teratas) semua didasarkan pada jumlah streaming yang diagregasi. Kemudian daftar podcast teratas dinilai secara berbeda berdasarkan jumlah pendengar unik.

Lalu untuk sesi pribadi atau mode penyamaran Spotify tidak akan dihitung ke dalam daftar apa pun. Akan tetapi data dari sesi tersebut masuk ke dalam total menit mendengarkan.

Mengapa Spotify Wrapped Begitu Populer?

Sejak 2013, Spotify telah merayakan akhir tahun dengan "Year in Review," dengan menggabungkan data streaming ke dalam grafik yang menarik. hingga kemudian pada 2016, istilah Wrapped diperkenalkan, menyajikan data dalam format menarik, termasuk fitur-fitur unik seperti "audio auras" dan "tipe kepribadian mendengarkan."

Kemudian Spotify Wrapped 2022 menampilkan "Me in 2033," mengaitkan pengguna dengan karakter mendengarkan yang mencerminkan kebiasaan streaming mereka, dan "Sound Town," dengan cara mencocokkan pengguna dengan kota berdasarkan afinitas mendengarkan dan kesamaan artis.

Kesuksesan fenomena ini tercermin dalam lebih dari 156 juta pengguna yang terlibat dengan Wrapped pada tahun ini. Tidak hanya populer di kalangan pengguna, para pencipta juga berpartisipasi dengan merekam pesan khusus untuk pendengar mereka, menciptakan buzz yang melampaui batas loyalitas.

Fenomena Wrapped menurut Wakil Presiden dan Direktur Kreatif Eksekutif Global Spotify, awalnya dirancang sebagai upaya loyalitas namun malah menjadi fenomena viral yang tidak terduga.

Selain cara membuat spotify wrapped 2023, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi