Tips Anti-Bosan Selama Perjalanan Liburan

| 25 Dec 2019 11:10
Tips Anti-Bosan Selama Perjalanan Liburan
Ilustrasi (StockSnap/Pixabay )
Jakarta, era.id - Libur Natal dan Tahun Baru 2020 sudah tiba. Saatnya menutup tahun dan menyambut tahun yang baru dengan kegembiraaan. Salah satunya adalah dengan melakukan liburan atau mudik ke kampung halaman.

Tapi perjalanan berjam-jam menuju tempat wisata atau kampung halaman kadang membosankan meski sudah menyiasatinya dengan tidur. Untuk mengurangi rasa bosan, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan yakni dengan mengunduh dan "memainkan" beberapa aplikasi untuk menemani perjalanan.

Berikut aplikasi-aplikasi yang bisa Anda mainkan agar perjalanan Anda lebih menyenangkan, seperti dikutip Antara.

1. Aplikasi musik streaming

Salah satu aktivitas yang sering kali dilakukan untuk mengusir rasa bosan adalah mendengarkan musik. Di Indonesia, terdapat dua aplikasi musik streaming yang populer digunakan yaitu Spotify dan Joox.

Spotify memiliki bank lagu yang cukup lengkap, mulai dari lagu-lagu Indonesia, lagu Barat, hingga lagu berbahasa Mandarin dan musik K-Pop, yang dapat dinikmati oleh pengguna Android maupun iOS.

Lagu-lagu dalam Spotify dapat didengarkan secara gratis, namun pelanggan Spotify Premium memiliki previlege untuk mendengarkan musik yang diinginkan tanpa iklan dan mengunduh musik untuk didengarkan secara offline.

Dengan bank lagu yang cukup lengkap tersebut dapat menjamin Anda tidak bosan saat di perjalanan. Jangan lupa, unduh lagu dan simpan dalam playlist sebelum berangkat agar Anda tidak kerepotan mencari lagu yang ingin diputar selama perjalanan.

Sementara itu, Joox juga memiliki fitur offline sehingga dapat membantu untuk menghemat kuota sekaligus mengantisipasi jika Anda sedang melewati di tempat yang memiliki kualitas jaringan yang kurang baik.

Layaknya, Spotify, fitur offline Joox tersebut dapat dinikmati oleh pengguna versi berbayar alias pengguna VIP Joox. Pengguna gratis dapat mengakses fitur tersebut, namun musik hanya tersimpan dalam durasi yang lebih singkat.

2. Aplikasi video streaming

Menonton juga dapat menjadi aktivitas untuk mengusir bosan saat di perjalanan. Sejumlah aplikasi telah menawarkan layanan streaming video antara lain Hooq, Viu, Iflix, Netflix dan MAXStream.

Secara konten, penyedia layanan video-on-demand tersebut menayangkan film-film Indonesia, hingga Hollywood dan Bollywood, juga tak ketinggalan serial dari berbagai negara, termasuk K-Drama.

Tidak hanya itu, layanan video streaming tersebut juga membuat konten orisinal mereka sendiri, mulai dari bekerjasama dengan rumah produksi lokal seperti MD Pictures dan Starvision, hingga studio besar dunia seperti Sony Pictures dan Warner Bros.

Untuk dapat menikmati layanan video-on-demand tersebut, Anda harus mengunduh aplikasi. Khusus untuk Hooq, Anda bisa menikmati konten dari layanan video streaming tersebut lewat aplikasi Grab.

Hampir seluruh aplikasi layanan video-on-demand tersebut telah dapat diputar lewat seluruh jaringan operator telekomunikasi Indonesia, kecuali Netflix yang tidak bisa dijalankan di jaringan milik Telkom.

Sementara itu, berbeda dari layanan video-on-demand lainnya, MAXStream justru merupakan platform marketplace dari sejumlah layanan video streaming, seperti Hooq dan Viu, serta HBO Go.

3. Youtube dan Youtube Music

Platform berbagi video Youtube sudah menjadi andalan untuk menemani perjalanan. Youtube juga telah memiliki fitur offline yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh video yang ingin ditonton.

Youtube juga belum lama ini meluncurkan fitur Premium yang memungkinkan pelanggan untuk menonton video tanpa iklan. Layanan Youtube Premium terhubung dengan versi premium dari aplikasi musik streaming dari Youtube, Youtube Music, yang juga baru diluncurkan bulan lalu.

Youtube Music memiliki konten lengkap, sebab konten musik yang ada di Youtube juga hadir di aplikasi tersebut. Menariknya, Youtube Music memungkinkan pengguna untuk beralih antara audio/video dengan sekali tekan tombol.

4. Smule

Bagi Anda yang sedang dalam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi, dan terjebak macet, aplikasi musik Smule dapat menjadi pilihan untuk membunuh bosan dengan berkaraoke lewat aplikasi tersebut.

Jika bosan berkaraoke sendiri, Anda juga dapat berduet dengan penyanyi aslinya. Sejumlah penyanyi, baik Tanah Air maupun mancanegara, seperti Anji dan Jessie J., telah membuat video khusus dari lagu mereka, masing-masing Dia dan Flash Light untuk berduet.

5. Aplikasi gim

Bermain gim juga bisa menjadi opsi untuk membunuh rasa bosan, apalagi jika gim tersebut dapat dimainkan bersama-sama. Salah satu aplikasi gim yang dapat dimainkan oleh dua hingga empat pemain yaitu Ludo.

Aplikasi gim papan, yang dimainkan dengan dadu virtual, tersebut telah tersedia di App Store dan Play Store. Selain Ludo, aplikasi gim Get Rich juga dapat dimainkan bersama teman untuk mengusir bosan di perjalanan.

Terakhir, aplikasi gim terpopuler saat ini PUBG dan Call of Duty (COD) juga dapat dimainkan bersama atau yang sering disebut "mabar." Gim bertema "Battle Royale" tersebut dapat dimainkan duo atau tim bersama empat orang.

Rekomendasi