Nasi Ayam KFC Rice Cooker, Bisa Bikin Sendiri di Kosan

Tim Editor

Kyuku S. House (Facebook)

Jakarta, era.id - Di penghujung tahun 2019 kemarin sempat viral memasak nasi di penanak nasi otomastis atau rice cooker bersamaan memasukkan potongan ayam KFC di Jepang. Masakan tersebut biasa disebut Takikomi Gohan KFC.

Dilansir dari asiaone Kamis (9/1/2020), postingan akun Facebook Kikyu S House memerlihatkan kreasinya menanak nasi dicampur potongan ayam Kolonel Sanders itu. Hingga kini unggahan itu telah dibagikan lebih dari 1.400 kali.

Dalam foto yang diunggah memperlihatkan langkah-langkah membuat nasi bersama ayam KFC. Caranya hampir mirip seperti cara biasa memasak nasi di rice cooker. Namun resep yang diviralkan itu menambahkan beberapa bumbu ke dalam air rendaman beras seperti kecap asin dan potongan bawang bombay.

Bukan cuma nasi yang akan menjadi lebih enak, potongan ayam KFC juga bertambah nikmat karena tambahan kecap asin, kaldu ayam dan bawang. 

Daging ayam bertambah empuk dan teksturnya jadi lembut. Jika ingin berkreasi lebih jauh, juga bisa menambahkan topping lain seperti jamur. tomat, minyak truffle, atau potongan bawang putih.  

Menurut Asiaone, Orang Jepang sangat menggemari ayam goreng KFC. Tradisi ini terjadi karena keberhasilan iklan KFC di Negeri Sakura pada 1974, berlanjut menjadi kebiasaan sampai sekarang. 

Chef Yuda Bustara juga enggak mau ketinggalan. Chef muda kelahiran 1987 ini juga berkreasi dengan Takikomi Gohan KFC versi kearifan lokal. 

"Cuman butuh rice cooker, beras, sama ayam original KFC, enak bgt dan harum!" katanya dalam channel Youtube pribadinya.
 

Youtube @Yuda Bustara

Untuk anak kosan, menu ini kayaknya cocok, enggak usah pakai kecap asin, pakai mentega juga jadi. Enggak usah pakai ayam KFC kalau mahal, pakai ayam Sabana atau ayam bakar pinggir jalan juga bisa. Selamat mencoba.. 

Tag: kuliner ramadan

Bagikan: