Ini Cara Mendapatkan Rice Cooker Gratis dari Pemerintah dan Tujuan Programnya

| 24 Nov 2023 17:07
Ini Cara Mendapatkan Rice Cooker Gratis dari Pemerintah dan Tujuan Programnya
Ilustrasi rice cooker (freepik)

ERA.id - Mulai November ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mulai membagikan alat memasak berbasis listrik (AML) berupa alat penanak nasi atau rice cooker gratis kepada masyarakat. Lalu, bagaimana cara mendapatkan rice cooker gratis dari pemerintah?

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa pembagian rice cooker gratis diatur dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik Bagi Rumah Tangga.

"Insyaallah (November 2023), ya pokoknya didorong supaya cepat," terang Menteri ESDM, Arifin Tasrif, di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Menurut keterangan Arifin, tujuan dari program ini adalah mengurangi impor elpiji. Melalui pembagian rice cooker gratis, masyarakat bisa memasak nasi tanpa menggunakan elpiji.

"Kami kan mau elektrifikasi, apa mau bakar elpiji terus? Sudah betul itu, masa mau bakar elpiji terus, impor terus," terangnya.

Alih sumber energi

Menurut Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jisman P. Hutajulu, program pemberian AML pada 2023 adalah insentif kepada rumah tangga yang memenuhi kriteria tertentu. Tujuannya adalah menjamin akses energi yang bersih, terjangkau, dan berkelanjutan.

"Tujuan program ini adalah menjamin akses energi bersih yang terjangkau, andal, dan berkelanjutan. Selain itu, program ini bertujuan mengurangi impor elpiji yang digunakan untuk memasak, meningkatkan konsumsi listrik per kapita serta mendukung teknologi memasak yang lebih bersih," jelas Jisman.

Direncanakan, lanjut Jisman, program yang akan dilakukan dengan pembagian 500.000 unit pada 2023 di seluruh wilayah Indonesia kemungkinan akan meningkatkan konsumsi listrik. Nilainya mencapai sekitar 140 gigawatt hour (GWh), setara dengan kapasitas pembangkitan 20 megawatt (MW). Secara bersamaan, hal tersebut berpotensi menghemat penggunaan elpiji hingga sekitar 29 juta kilogram, setara 9,7 juta tabung 3 kilogram (kg).

"Program ini akan bermanfaat kepada pelanggan yang dapat menurunkan biaya sebagian memasak yang sebelumnya menggunakan elpiji. Untuk pemerintah, program ini dapat mengurangi subsidi impor elpiji 3 kg yang digunakan untuk memasak. Bagi PLN, program ini dapat meningkatkan penjualan listrik," terangnya.

 Ilustrasi gas elpiji (antaranews)

Cara mendapatkan rice cooker gratis dari pemerintah

Rencana pemberian rice cooker gratis sudah ada sejak 2022. Kementerian ESDM bahkan sudah menggelar diskusi publik secara virtual bersama Sub-Koordinator Perhubungan Komersial Tenaga Listrik Direktorat Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan, Edi Pratikno, pada November 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Edi menerangkan, rice cooker tersebut akan diberikan kepada kelompok penerima manfaat yang terdaftar di database Kementerian Sosial.

“Penanak nasi tersebut akan diberikan kepada kelompok penerima manfaat atau KPM, yang tentu datanya mengacu pada Kementerian Sosial,” ungkap Edi, Jumat (25/11/2022).

Dijelaskan pula oleh Edi bahwa rice cooker akan disalurkan ke seluruh wilayah Indonesia. Sumber dananya adalah anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) Kementerian ESDM tahun 2023.

Pemerintah menyediakan paket program senilai Rp500 ribu per keluarga penerima manfaat (KPM). Dia mengatakan, KPM tidak perlu penambahan daya. Terkait cara mendapatkannya, berikut ini syarat untuk mendapatkan rice cooker gratis dari pemerintah.

  • Golongan tarif untuk keperluan rumah tangga kecil pada tegangan rendah berdaya 450 volt-ampere (R-1/TR).
  • Golongan tarif untuk keperluan rumah tangga kecil pada tegangan rendah berdaya 900 volt-ampere (R-1/TR).
  • Golongan tarif untuk keperluan rumah tangga kecil pada tegangan rendah berdaya 1.300 volt-ampere (R-1/RT).
  • Berdomisili di wilayah yang telah dilengkapi jaringan listrik tegangan rendah yang mendapat pasokan listrik 24 jam.
  • Penerima adalah rumah tangga yang tidak memiliki alat memasak berbasis listrik (AML) atau rice cooker.

Itulah cara mendapatkan rice cooker gratis dari pemerintah. Untuk mendapatkan info menarik lainnya, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi