8 Makanan Sumber Omega 3 yang Menyehatkan, Bisa Perkuat Imun Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

| 07 Aug 2021 08:05
8 Makanan Sumber Omega 3 yang Menyehatkan, Bisa Perkuat Imun Tubuh di Masa Pandemi Covid-19
Salmon (Foto: Pexels/Denys Gromov)

ERA.id - Selama pandemi Covid-19, tentunya kita diharuskan menjaga kesehatan tubuh. Meski tak ke mana-mana alias di rumah saja, bukan berarti kita mengabaikan kesehatan. Untuk menjaga kesehatan tubuh, ada baiknya kamu mengonsumsi makanan mengandung asam lemak Omega-3.

Tetapi, banyak orang mengandalkan suplemen untuk mendapatkan nutrisi asam lemak omega 3. Namun, jika kamu mengonsumsi makanan yang kaya omega 3, kamu tidak perlu membeli suplemen mahal tersebut. Berikut adalah daftar 10 makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 seperti dilansir dari Times of India pada Jumat (6/8/2021).

1. Salmon

Salmon (Foto: Pexels/Malidate Van)
Salmon (Foto: Pexels/Malidate Van)

Salah satu makanan paling sehat di dunia adalah salmon. Makanan ini kaya akan berbagai nutrisi termasuk, protein, magnesium, potasium, Vitamin B dan selenium. Hal inilah yang membuat salmon dianggap sebagai salah satu sumber terbaik asam lemak omega 3.

Yang membuatnya lebih kaya adalah antioksidan, astaxanthin yang hadir di dalamnya dalam jumlah yang baik. Ikan salmon memiliki banyak manfaat kesehatan, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, demensia, dan masalah kesehatan mental. Kalori dalam salmon berukuran 100 gram sekitar 120 kalori.

2. Biji rami

Biji berbentuk berlian coklat kecil ini dianggap sebagai makanan yang menjaga daya tahan tubuh. Orang yang sedang dalam program penurunan berat badan biasanya mengkonsumsi biji rami. Apabila, makanan ini juga digunakan secara rutin oleh banyak orang.

Biji rami adalah sumber terkaya asam lemak omega 3, pada kenyataannya, minyaknya digunakan sebagai suplemen untuk omega 3. Biji ini juga kaya akan banyak nutrisi lain seperti magnesium, serat, Vitamin E, mangan, fosfor, selenium dan protein. Kalori dalam biji rami berukuran 100 gram sekitar 535 kalori.

3. Kacang kenari

Kacang kenari (Foto: Pexels/YUSUF ARSLAN)
Kacang kenari (Foto: Pexels/YUSUF ARSLAN)

Kacang kenari kaya akan asam lemak omega 3, antioksidan, serat, vitamin, kalsium, lemak dan protein. Kulit kenari tidak boleh dibuang sebelum dimakan karena mengandung antioksidan fenol. Kenari melawan depresi, meningkatkan memori dan kesehatan mental, meningkatkan kesehatan jantung, mencegah kanker dan membantu program penurunan berat badan.

4. Kedelai

Kedelai memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi. Ini juga kaya nutrisi yang meliputi folat, potasium, magnesium dan vitamin. Kedelai lebih kaya akan asam lemak omega 6 daripada asam lemak omega 3. Omega 6 juga penting untuk tubuh kita. Keduanya harus diambil dalam jumlah sedang untuk menjaga keseimbangan.

5. Biji chia

Biji chia (Foto: Pexels/Bruno Scramgnon)
Biji chia (Foto: Pexels/Bruno Scramgnon)

Biji chia dipercaya menjadi pembangkit tenaga nutrisi dan sangat mudah dicerna. Biji chia adalah salah satu sumber terbaik asam lemak omega 3. Selain omega 3 juga mengandung serat, kalsium, zat besi dan anti oksidan. Biji chia tinggi protein, membantu menurunkan berat badan, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Kamu bisa memasukkan biji chia ke dalam oatmeal dan membuat pancake. 100 gram biji chia memiliki 486 kalori.

6. Telur

Telur sangat kaya akan protein dan memiliki vitamin lain, mineral dan asam lemak omega 3. Putih telur kaya akan selenium, vitamin B6, B12, seng, besi, tembaga dan mineral. Kuning telur memiliki lebih banyak kalori dan lemak. Kandungan omega 3 dalam telur tergantung pada ayam yang diberi makan. Jadi, bacalah label sebelum kamu membeli telur jika Anda menginginkan omega 3 di dalamnya.

7. Bayam

Bayam (Foto: Pexels/Rodolfo Quirós)
Bayam (Foto: Pexels/Rodolfo Quirós)

Bayam kaya akan protein, seng, serat, Vitamin E, A, C dan K, kalsium, fosfor, tembaga, magnesium, kalium, mangan, dan zat besi. Bayam membantu meningkatkan fungsi otak, memori, menurunkan risiko masalah jantung, mengatur tekanan darah dan meningkatkan energi kita. Bayam juga kaya akan asam lemak Omega 3. 100 gram bayam mengandung 370 miligram omega 3.

8. Kembang kol

Kembang kol kaya akan fitokimia dan memiliki sifat anti-inflamasi. Kembang kol juga mengandung nutrisi penting lainnya yang meliputi magnesium, kalium, serat, mineral dan gula larut. Satu cangkir kembang kol memiliki sekitar 28 kalori. Ini adalah sumber asam lemak omega 3 yang baik.

Rekomendasi