Arah Perbincangan Warganet Menuju Pilgub DKI 2022

Tim Editor

Ilustrasi (Netray)

Jakarta, era.id - Pilkada DKI Jakarta masih dua tahun lagi. Namun perbincangan soal calon-calon pemimpin DKI mulai memanas di dunia maya. Nama-nama calon gubernur yang akan diusung dalam Pilgub DKI sudah samar-samar tercium. Warganet nampaknya mulai mempersiapkan nama-nama calon yang akan diusung dalam Pilgub DKI 2022. Tak hanya pihak-pihak yang berkepentingan dengan politik secara langsung, warganet pun sudah mulai angkat suara soal calon Gubernur.

Lembaga monitoring media, Netray menulusuri topik ‘pilgub dki’ di media sosial Twitter dan media berita daring selama kurun waktu 1-14 Januari 2020.



"Di media pemberitaan daring, topik ‘pilgub dki’ dibahas dalam 148 artikel oleh 43 media berita yang berbeda. Pembahasan topik tersebut berkaitan dengan isu pemerintahan (73%), bencana (15%), dan politik (3%)," ujar peneliti Netray, Winda Trilatifah, Kamis (16/1/2020).

Sementara di media sosial Twitter, total cuitan terkait topik ‘pilgub dki’ ialah sebanyak 1,019 cuitan dengan lebih banyak cuitan bersentimen negatif (655) daripada cuitan bersentimen positif (655). Berikut grafik pergerakan topik Pilgub DKI di media berita daring dan Twitter.



Arah Perbincangan Media Menuju Pilgub 2022

Berikut adalah kumpulan kosakata populer yang kerap muncul dalam pembahasan terkait topik ‘pilgub dki’ di media berita daring dan Twitter selama dua minggu terakhir.

Di media berita daring, topik ‘pilgub dki’ dibahas bersama topik ‘banjir jakarta’. Sementara tokoh-tokoh yang kerap disebut dalam pemberitaan adalah Anies Baswedan, Rismaharini, Ahok, Jokowi, dan Megawati. Sementara entitas organisasi yang kerap mengikuti adalah PDIP dan Gerindra. Tidak jauh berbeda, di Twitter tokoh yang kerap disebut dalam cuitan warganet terkait topik ‘pilgub dki’ adalah Anies, Risma, Ahok, dan Jokowi.



Di media pemberitaan, Anies Baswedan dan Risma atau Tri Rismaharini menjadi dua top person teratas yang paling banyak disebut dalam pembahasan topik ‘pilgub dki’. Seperti diketahui, Anies Baswedan merupakan gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Setelah menang Pilgub DKI 2017 lalu, Anies disebut-sebut akan menjadi kandidat capres 2024. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Anies Baswedan tidak akan memperpanjang masa jabatannya sebagai gubernur Jakarta.

Tri Rismaharini Kian Menggema

Rismaharini merupakan Wali kota Surabaya yang akan purna tugas pada 2020 ini. Berbeda dengan Anies Baswedan yang diisukan akan maju pada Pilpres 2024, Tri Rismaharini justru santer dikabarkan akan menjadi calon gubernur dalam Pilgub DKI 2022 nanti.

"Dari pantauan Netray, pemberitaan Rismaharini sebagai bakal calon gubernur DKI 2022 terus mengalami peningkatan dengan dominasi sentimen positif," ucapnya.
 

Tag: netray

Bagikan: