Fosil 'Naga Menari' Ungkap Perbedaan Dinosaurus Berbulu dan Burung

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Wulong Bohaiensis (Reuters)

Jakarta, era.id - Fosil seekor dinosaurus kecil berukuran sedikit lebih besar dari burung gagak dan punya habitat di tepi danau, ditemukan di provinsi Liaoning, China.

Wulong Bohaiensis atau dalam bahasa Inggrisnya 'a dancing dragon' (Naga Menari) hidup di periode kapur (Cretaceous) sekitar 145-65 juta tahun lalu. Ia punya wajah bersisik ala dinosaurus, badan dan sayap berbulu seperti burung, semua giginya taring dan punya dua kaki yang salah satunya mempunyai cakar tajam. Penemuan fosil hewan karnivora ini diharapkan menjadi petunjuk baru yang mengisi missing link antara dinosaurus dan burung.

Peneliti San Diego Natural History Museum, Doktor Ashley Poust menganalisis fosil sejak ia masih berstatus mahasiswa di Montana State University sekitar 10 tahun lalu. Kemudian temuan ini dipublikasikan pekan kemarin di jurnal The Anatomical Record.

“Spesimen Wulong adalah fosil yang cantik. Dengan bulu dan cakar, ia sangat cantik tapi sedikit menakutkan. Saya ingin sekali melihatnya hidup-hidup," katanya seperti dikutip dari Reuters, Selasa (28/1/2020).

Fosil Wulong Bohaiensis (Reuters)

Burung berevolusi dari dinosaurus berbulu kecil sekitar 150 juta tahun yang lalu. Tetapi ada banyak dinosaurus berbulu yang tidak terbang, seperti Wulong. Para ilmuwan sangat ingin memahami perbedaan bulu antara burung dan dinosaurus berbulu ini.

"Sepertinya bulu membantu pengaturan suhu dan memberi sinyal ke hewan lain, tetapi seperti apa bentuknya dan seberapa penting fungsi-fungsi ini tetap belum diketahui," ucapnya.

Jika dilihat berdasarkan tulangnya, dinosaurus ini masih tergolong muda saat mati, tetapi bulunya menyerupai spesies dewasanya. Hal ini menunjukkan bahwa bulunya tumbuh dengan cepat, berbeda dengan burung modern yang membutuhkan waktu lama untuk menumbuhkan bulu.

Penemuan Wulong memberikan sekilas gambaran tentang bagaimana rupa bumi dan kekayaan faunanya 120 juta tahun lalu, serta memberikan wawasan tentang bagaimana perkembangan dinosaurus dan perbedaannya dari spesies burung.

Tag: dinosaurus