Berbagai Tipe dan Harga Pemakaman di San Diego Hills

| 19 Feb 2020 10:10
Berbagai Tipe dan Harga Pemakaman di San Diego Hills
Ilustrasi pemakaman di San Diego Hills (sandiegohills.co.id)
Jakarta, era.id - Aktor Ashraf Sinclair, kemarin, Selasa (18/2) telah dikebumikan di pemakaman San Diego Hills Memorial Park and Funeral Homes di Karawang, Jawa Barat.

Bagi kamu yang belum tahu, San Diego Hills merupakan pemakaman milik swasta yang didirikan pada Januari 2007. San Diego Hills adalah pemakaman pertama di dunia yang memadukan konsep pemakaman elegan Forest Lawn dengan budaya-budaya Indonesia. 

Pemakaman itu dimiliki oleh Lippo Land Club dan menjadi sebuah jenis ikon di kalangan anggota masyarakat tingkat tinggi di Indonesia. Bagi yang ingin membeli makam di San Diego Hills, ada empat tipe lahan yang disediakan.

Pertama, single burial atau pemakaman tunggal seharga Rp37 juta sampai dengan Rp84 jutaan; semi private seharga Rp224 juta sampai Rp457 jutaan; private estate seharga Rp650 juta sampai Rp1,7 M; dan peak estate seharga mulai dari Rp4 miliar.

Harga tersebut merupakan harga sekali bayar tanpa ada biaya tahunan termasuk untuk perawatan makam, rumput, keamanan, dan lain-lain.

Pemakaman yang punya areal seluas 500 hektare itu bersemayam juga beberapa selebritas tanah air seperti Arswendo Atmowiloto, suami artis peran Ririn Ekawati, Ferry Wijaya, hingga yang terbaru adalah Ashraf Sinclair, suami Bunga Citra Lestari (BCL).

Ada tiga nuansa pemakaman di San Diego Hills yakni nuansa universal yang diperuntukan bagi semua golongan (universal) dan kepercayaan, nuansa Islam diperuntukan bagi mereka yang beragama Islam dengan filosofi keislaman dan ketentuan-ketentuan syariah seperti makam menghadap kiblat.

Terakhir adalah nuansa Chinese yakni area pemakaman untuk orang-orang keturunan China dengan mengikuti kaidah-kaidah Fengshui yang tepat.

Rekomendasi