COVID-19 Bisa Ditangkal dengan Rempah-Rempah Ini

| 03 Mar 2020 10:50
COVID-19 Bisa Ditangkal dengan Rempah-Rempah Ini
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Kasus perdana penularan COVID-19 di Indonesia membuat warga khawatir. Mereka memborong masker dan bakterisida tangan (hand sanitizer) sebagai langkah antisipasi tertular virus korona baru.

Menurut WHO, masker dan hand sanitizer efektif digunakan bersamaan untuk mencegah terinfeksi virus atau bakteri. Percuma bila pakai masker tapi tangan tidak higienis. Namun ada langkah yang lebih efektif dalam menangkal agar virus dan bakteri menjangkiti tubuh.

Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Agnes Riyanti Inge Permadhi, menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit adalah kunci utama menangkal virus termasuk virus SARS-COV-2. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar tubuh mempunyai daya tahan yang maksimal. 

"Yang pertama adalah menjaga daya tahan tubuh dengan mengatur pola makan, pola tidur, olahraga, lingkungan yang bersih, dan pola stres. Olahraga meningkatkan sistem imunitas tubuh," kata dokter yang berpraktek di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta Selatan ini saat dihubungi, Selasa (3/3/2020).

Selain itu, asupan nutrisi dari makanan juga diperlukan untuk membentuk antibodi dalam melawan virus.

"Virus bisa ditangkal kalau kita mempunyai antibodi yang kuat. Perlu protein untuk membentuk antibodi. Jadi mulai sekarang enggak bisa kita makan nasi pakai gorengan tok. Perlu protein seperti protein hewani dan nabati selain juga sayur-sayuran dan buah-buahan," sambung dr. Agnes Riyanti.

Protein hewani bisa didapatkan dari daging sapi, ayam atau ikan. Sedangkan protein nabati bisa didapatkan lewat konsumsi kacang-kacangan dan produk kedelai seperti tahu dan tempe.

Sementara, asupan rempah dan jamu dari tanaman khas Indonesia juga sangat efektif untuk mencegah berbagai macam penyakit termasuk infeksi virus.

"Kunyit, temulawak, cengkeh, itu merupakan rempah kaya antioksidan. Bagus untuk bahan makanan dan minuman dari kearifan lokal Nusantara," ucapnya.

Rekomendasi