Tangkal COVID-19 dengan Empon-Empon

| 04 Mar 2020 13:55
Tangkal COVID-19 dengan Empon-Empon
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Rempah-rempah yang tumbuh subur di Indonesia dipercaya mampu menangkal radikal bebas seperti kuman dan virus tak terkecuali virus SARS COV-2 penyebab penyakit COVID-19 yang kini mewabah di beberapa negara termasuk Indonesia.

Empon-empon adalah bahasa lain dari rempah tradisional seperti jahe dan kunyit yang memiliki kandungan ampuh melawan bakteri atau virus dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Empon-empon bisa diramu menjadi satu ramuan yang terdiri dari jahe, kunyit, kayu manis dan serai.

Jika masyarakat memiliki waktu luang dapat membuat minuman dari kunyit atau jahe. Pun juga bisa mengonsumsi susu telor madu jahe (STMJ).

Bagaimana cara membuat ramuan empon-empon? Siapkan 1,5 batang kunyit sebesar ibu jari, 2 batang sereh, 2 potong jahe sebesar ibu jari, 1 ruas ibu jari kayu manis boleh ditambah madu, 1 ruas ibu jari temulawak(menurut selera), dan 4 gelas air bersih.

Yang pertama adalah cuci semua bahan-bahan, kalau perlu dikupas kulit kunyit dan jahenya. Setelah dicuci, geprek semua bahan. Kedua, siapkan panci kecil, lalu masukkan 4 gelas air dan masukkan semua bahan. Selanjutnya, rebus dengan api kecil.

Rebus selama 30 menit, atau sampai ukuran air tinggal 2 gelas. Selanjutnya, matikan api lalu saring dan tuang ke dalam gelas. Biarkan agak hangat. Minuman tersebut juga bisa dicampur madu.

Ramuan rempah atau jamu dari tanaman khas Indonesia sangat efektif untuk mencegah berbagai macam penyakit termasuk infeksi virus.

"Kunyit, temulawak, cengkeh, itu merupakan rempah kaya antioksidan. Bagus untuk bahan makanan dan minuman dari kearifan lokal Nusantara," kata Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Agnes Riyanti Inge Permadhi, Selasa (4/3/2020).

Rekomendasi