Saat Komentator 'Sok Asyik' Komentari Body Penonton

Tim Editor

Ilustrasi (Dok. PSSI)

Jakarta,era.id - Penggalan video pertandingan sepak bola Liga Indonesia di media sosial. Penggalan video tersebut viral karena pernyataan pembawa acara atau host dan komentator dinilai tidak pantas oleh warganet.

Dalam cuplikan video tersebut, sejumlah terlihat sejumlah penonton wanita berjingkrak-jingkrak di tribun seperti sedang menyemangati tim yang dijagokan. Suara host dan komentator terdengar di sela-sela teriakan suporter.

Video tersebut salah satunya diunggah akun Twitter @AlionelMessi_ hari ini, Minggu (8/3/2020). Pada pukul 21.50 WIB, video tersebut di-retweet 5.500 kali dan mendapatkan likes sebanyak 7.300.

Kejadian ini berlangsung ketika pertandingan Persita Tangerang vs PSM Makassar yang digelar pada Jumat (6/3). Sayangnya, komentator bola ini malah lontarkan dengan bahasa menjurus body shaming kepada suporter wanita.

"Sebentar lagi kita melihat ada sesuatu yang menonjol tapi bukan bakat. Ada yang besar namun tapi bukan harapan, bung Heru. Tapi apa itu?" ujar komentator.

"Tapi apa itu? Perempuan-perempuan ini ya yang menghiasi atribun" ujar Heru menimpali.

Ketua KPI, Agung Suprio sangat prihatin dengan pernyataan host tersebut. Agung menilai yang disampaikan host tersebut termasuk body shaming.

"Host yang memberikan komentar tersebut telah melakukan body shaming berdasarkan tayangan yang di-share kepada saya. Body shaming termasuk tindak kekerasan verbal. Oleh karena itu, body shaming tidak boleh dilakukan, apalagi dilakukan di layar kaca," kata Agung kepada wartawan, Minggu (8/3/2020).

Agung mengimbau pihak televisi agar selektif memilih host dan dapat mengarahkan agar tak terjadi hal serupa.

"Pihak televisi, harus selektif dalam memilih host. Pilihlah host yang mempunyai pemahaman tentang body shaming dan perspektif gender, sehingga diksi yang digunakan oleh host aman dan bermartabat," ucapnya.

 

Tag: liga 1

Bagikan: