Aksi Pesohor Ikut Memerangi COVID-19

| 18 Mar 2020 17:12
Aksi Pesohor Ikut Memerangi COVID-19
Gambar oleh Miguel Á. Padriñán dari Pixabay
Jakarta, era.id - Wabah COVID-19 membuat para tenaga medis diyakini bakal kepayahan. Ditambah efek domino yang akan terjadi dari sektor ekonomi dan sosial nantinya. 

Banyak pesohor negeri yang terketuk hatinya untuk bersama-sama menghadapi pandemi virus korona baru ini. Selebgram sekaligus enterpreuner muda, Rachel Vennya misalnya. Melalui platform donasi Kitabisa, dia menggalang dana untuk bantuan yang dibutuhkan para tenaga medis. 

Tak heran, Selebgram dengan follower jutaan di Instagram ini dengan cepat berhasil meraup dana hingga Rp1 miliar lebih dalam kurun waktu kurang dari 24 jam. 

Dengan campign “Tolong Menolong Lawan COVID-19”, Rachel berhasil mengetuk hati para selebritas dan donatur lainnya untuk turut menyumbangkan dana. Sebut saja fotografer wanita, Dierra Bachir, aktris Febby Rastanty, Patricia Gunawan, Ayla Dimitri, blogger Anastasia Siantar, Christina Brennan, Cindy Karmoko, dan masih banyak lagi. 

Para selebritas tersebut berperan penting menyebarkan campaign yang dibuat istri Niko Al-Hakim tersebut. Mereka juga dikabarkan menyumbang sejumlah dana yang tidak diketahui berapa nilainya. 

Nantinya, dana yang terkumpul dari donasi tersebut akan digunakan untuk membeli kebutuhan rumah sakit rujukan khusus COVID-19. Rachel juga dibantu oleh perwakilan Kitabisa, Fania Khamada. Lewat Fania, daftar rumah sakit rujukan COVID-19 bisa mendaftarkan kebutuhan yang diperlukan di rumah sakit. 

Saat ini sudah ada 4 rumah sakit yang mendapat bantuan perlengkapan medis dari donasi yang dibuka oleh Rachel Vennya. Mulai dari RS Persahabatan, RSUD Pasar Minggu, RSUD Cengkareng, RS Fatmawati, dan RSCM. 

Untuk rumah sakit lainnya, pihak Kitabisa masih melakukan pendataan dan pencarian barang yang dibutuhkan. Hal ini lantaran langkanya berbagai perlengkapan medis serta mahalnya harga yang dijual oleh para pedagang. 

Selain Rachel Vennya, wartawan musik senior Adib Hidayat juga turut membuka gerakan donasi lewat platfrom yang sama. Bersama Ferdiriva Hamzah, Twindy Rarasati, dan Twinda Rarasati, Adib membuka donasi lewat Kitabisa. Hingga saat ini, dana yang berhasil terkumpul mencapai lebih dari Rp500 juta. 

Selain Rachel dan Adib, Nikita Mirzani juga sebelumnya telah menyumbang Rp100 juta dari kocek pribadinya. Dana tersebut tentunya untuk membeli masker, sanitizer, serta perlengkapan kesehatan lainnya. 

Selain itu, YouTuber, Arief Muhammad atau Arief Pocongg juga turut melakukan aksi serupa. Bedanya, Arief menyalurkan dana bantuan tersebut untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Arief menargetkan dana yang terkumpul mencapai Rp500 juta, yang nantinya akan ia bagikan ke masyarakat yang profesinya rentan terhadap efek COVID-19. 

Arief juga merujuk kepada para pekerja yang mendapatkan penghasilan harian, seperti supir ojek online, petugas kebersihan, tukang kopi keliling, supir angkutan, dan juga masyarakat kecil yang kurang mampu. 

Selain itu, Arief juga akan bekerjasama dengan pihak rumah sakit untuk memberikan akses pengobatan kepada masyarakat yang kurang mampu. Nantinya, dana pengobatan akan dibayarkan lewat donasi yang terkumpul. 

Dengan campaign “Dana Darurat Untuk Masyarakat”, Arief sudah mengumpulkan dana sebesar Rp136 juta. Aksi dari para pesohor ini pun diharapkan dapat ditiru oleh para artis maupun pesohor lain yang memiliki dana lebih untuk turut serta terjun membantu sesama. 

Rekomendasi