Cara Membuat Masala Chai, Empon-Empon ala India

| 26 Mar 2020 11:09
Cara Membuat Masala Chai, Empon-Empon ala India
Masala Chai (Times India)
Jakarta,era.id - Minuman empon-empon dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh dalam menghadapi virus korona. Selain empon-empon, banyak kok minuman yang berfungsi sama. Salah satunya adalah masala chai, atau teh india.

Selain menghangatkan tubuh dan meningkatkan imun, minuman dari India ini dapat membantu menurunkan berat badan, dengan catatan tak dicampur susu atau gula. Minuman ini sangat cocok dikonsumsi di pagi hari. Dilansir dari Times of India, Kamis (26/3/2020) berikut bahan-bahan, cara pembuatan dan manfaat dari masala chai:

Bahan-bahan dan cara membuat:

Untuk membuat masala chai kita perlu siapkan 2 sendok makan (sdm) kapulaga hijau, 1 sdm siung, 2 sendok makan lada hitam, 3-4 batang kayu manis dan 66 gram jahe bubuk. Semua bahan itu adalah rempah campuran teh.

Sementara untuk seduhan teh, bahan yang diperlukan, yakni 250 ml air, 1 lembar daun teh, 1 sendok teh (sdt) masala bubuk, 2 sdm teh hitam, 250 ml susu fullcream (apabila tidak diet), dan 2 sdm madu.

Rebus air bersama bahan bahan rempah dan masala bubuk hingga mendidih, lalu tambahkan daun teh. Diamkan sebentar hingga teh menjadi larut.

Lalu tambahkan susu aduk hingga merata. Saring dan tuang ke dalam cangkir. Beri madu dan sajikan selagi hangat.

Manfaat kesehatan dari masala chai

Menurut Ayurveda, rempah-rempah India memiliki sifat antibakteri dan antivirus serta mengandung antioksidan.

Bubuk jahe kering memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh selama perubahan cuaca. Itu membuat tubuh hangat dan energik. 

Lada hitam bukan hanyamengandung sifat antiinflamasi, antioksidan,dan antibakteri serta dapat mengurangi demam, tapi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kayu manis kaya akan antioksidan yang membantu memerangi semua jenis flu. Rempah-rempah satu ini bisa mengurangi peradangan sistemik dari kondisi kesehatan kronis,  termasuk kanker dan menurunkan kadar gula dalam tubuh serta membantu penurunan berat badan.

Kapulaga kaya akan antioksidan yang membantu melindungi sel dari kerusakan dan memperlambat serta mencegah peradangan pada tubuh. Selain itu, dapat meningkatkan pernapasan dengan menstimulasi penyerapan oksigen yang lebih baik dan relaksasi saluran udara. 

Cengkeh mengandung eugenol dalam jumlah tinggi. Rempah-rempah ini memiliki kandungan antiperadangan dan antivirus. Jumlah antioksidan yang tinggi, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam memerangi kerusakan oksidatif dan radikal bebas.

 

Rekomendasi