Ular Hijau di India Diberi Nama Penyihir Slytherin

| 27 Apr 2020 18:08
Ular Hijau di India Diberi Nama Penyihir Slytherin
Ular Trimeresurus salazar. (Foto: sciencealert.com)
Jakarta, era.id - Temuan ular berwarna hijau di India menambah daftar temuan baru reptil di dunia. Ular itu pun diberi nama Trimeresurus salazar atau pit viper salazar. Nama itu diambil dari salah satu karakter di film Harry Potter, Salazar Slytherin.

Para peneliti asal India mematenkan nama ular tersebut pada sebuah jurnal Zoosystematics and Evoluition, yang sudah dipublikasi pada bulan ini. Pihak peneliti menyetujui penamaan itu diambil dari salah satu karakter yang dibuat oleh JK Rowling.

"Penamaan ini adalah karakter fiksi JK Rowling pada salah satu pendiri sekolah sihir Hogwarts, Salazar Slytherin. Dia (Salazar Slytherin) adalah Parselmouth (bisa berbahasa ular) yang berhubungan dengan ular," bunyi keterangan pada jurnal tersebut. 

Melansir dari CNET, reptil baru ini adalah temuan kedua yang berhasil ditemukan di hutan Arunachal Pradesh, sebuah hutan yang berada di bawah kaki Himalaya Timur dengan kekayaan hayatinya. 

Trimeresurus salazar ini merupakan satu dari sekitar 50 jenis ular berbisa. Sebelum penemuan spesies baru ini, banyak sekali ular serupa dengan warna yang mirip, dengan karakter fisik yang juga sama. 

Ular ini paling mirip dengan trimeresurus septentrionalis, trimeresurus insularis, dan trimeresurus albolabris. Tapi jika diperhatikan lebih detail, spesies baru ini memiliki sedikit perbedaan, salah satunya jumlah gigi dan garis oranye cerah di bagian kepala untuk jenis jantan. 

Penamaan hewan dengan karakter Harry Potter ini bukan pertama kalinya terjadi. Sebelumnya, seekor laba-laba diberi nama Eriovixia Gryffindor karena memiliki bentuk menyerupai topi penyihir dan seekor tawon dinamai Ampulex Dementor. 

Sementara itu, karakter Salazar Slytherin di film Harry Potter ini merupakan salah penyihir jahat sekaligus salah satu pendiri Hogwarts, sekolah sihir fiksi ciptaan JK Rowling.

Rekomendasi