Trik Memotong Rambut Sendiri Seperti Profesional

| 30 Apr 2020 16:20
Trik Memotong Rambut Sendiri Seperti Profesional
Ilustrasi (Menshealth)
Jakarta,era.id - Editor Menshealth Australia, Brett Williams membagikan tips bagaimana memotong rambut yang benar di rumah. Ia telah mencari tahu dan bereksperimen agar bisa memotong rambut sendiri dengan model potongan yang identik dengan potongan para hair stylish.

Selama sepuluh tahun, Brett tidak memotong rambut di barbershop, salon, atau tukang cukur. Apalagi di masa pandemi virus korona yang mengahruskan orang berada di rumah dan salon-salon pada tutup, tips dari Brett ini tentunya amat berguna.

Dikutip dari Menshealth pada Kamis (30/4/2020), berikut tips memotong rambut ala Brett Williams:

1. Basahi rambut sebelum memotong

Biasanya tukang cukur selalu membasahi atau mencuci rambut terlebih dahulu sebelum mulai memotong rambut.

Rambut lembab, dapat memudahkan kita untuk memotong rambut. Jika ingin keramas, kita bisa mengeringkan rambut dengan handuk supaya rambut lembab.

2. Pilih gunting dan sisir yang tepat

Sebenarnya alat yang dibutuhkan untuk memotong rambut adalah gunting tepat untuk mendapatkan potongan maskulin.

Gunakan juga sisir untuk mendapatkan potongan sama rata dan tidak kusut.  Kita tak perlu memiliki satu set alat seperti di barbershop. 

3. Menentukan Gaya Potongan Rambut

Untungnya, sekarang banyak panduan di YouTube yang membahas panduan gaya potongan rambut. Cukup ketik gaya rambut yang kita inginkan, banyak video muncul dengan memberikan tutorial. 

"Saya sarankan menonton dua atau tiga video untuk menemukan kesamaan metode. Masing-masing orang punya keunikan dan cara sendiri, dan kita bisa mengembangkan cara itu," ujar Brett Williams.

4. Tempat yang tepat

Tempat yang tepat dapat membantu kita untuk mendapatkan hasil potongan keren. 

Pilih tempat di mana kita dapat duduk dengan tenang, pencahayaan cukup terang, dan memotong rambut tanpa gangguan. Supaya tidak kotor, kita bisa menggunakan kain atau sarung tak terpakai untuk menutupi baju.

5. Sisir rambut di lekuk kepala

Sisir rambut dengan benar di antara lekuk kepala atau belahan rambut, lalu sikat rambut antar bagian dan telinga ke bawah. Ulangi di kedua sisi kepala.

Selanjutnya, saatnya mengeluarkan alat pemangkas rambut. Gunting bekerja dengan baik untuk potongan rambut dasar.  

Ingatlah untuk mengontrol seberapa banyak rambut yang ingin kita pangkas. "Kita perlu tahu seberapa pendek rambut yang ingin dipotong dan gaya apa yang akan dituju," katanya.

6. Gunakan alat pencukur rambut (trimmer)

Kamu bisa menggunakan pencukur rambut untuk memotong beberapa bagian rambut sekaligus. Jika memilih memakai gunting, gunakan ujungnya untuk memotong rambut secara diagonal.

7. Gunakan Dua Cermin 

Gunting memang alat paling terpenting, tetapi kita wajib melihat keadaan rambut baik depan maupun depan pakai dua cermin.

Posisikan satu cermin dinding yang terpasang untuk depan wajah kita. Sementara, satunya lagi untuk memeriksa bagian belakang rambut. 

"Ketika saya memotong rambut di bagian samping dan belakang, saya memegang cermin tangan sehingga saya bisa melihat pantulannya di cermin dinding," ujarnya.

Setelah memotong rambut, kamu harus mandi agar tak ada sisa rambut yang menempel dan bikin gatal.

 

Rekomendasi