Aktor Senior Hengky Solaiman Meninggal Dunia Akibat Kanker Usus

| 15 May 2020 20:15
Aktor Senior Hengky Solaiman Meninggal Dunia Akibat Kanker Usus
Hengky Solaiman meninggal dunia. (Foto: Istimewa)
Jakarta, era.id - Duka mendalam bagi insan perfilman Indonesia. Aktor senior, Hengky Solaiman meninggal dunia, Jumat (15/5/2020).

Berita duka ini muncul saat para sineas perfilman Indonesia dan para kerabat dekat Hengky menuliskan berita duka lewat media sosialnya. 

"Selamat jalan Om Hengky," tulisnya Sutradara Fajar Nugros di Instagramnya.

Mieke Amalia dalam Instagram Stories mengunggah video kenangan bersama Henky dalam nuansa akrab. Dalam unggahannya, ia berdoa agar sang aktor yang belakangan main dalam sinetron Dunia Terbalik itu diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan YME.

Sutradara Pengabdi Setan, Joko Anwar juga tak ketinggalan menyampaikan bela sungkawanya atas meninggalnya sang aktor senior.  "Selamat jalan Om Henky Solaiman. Makasih untuk semua film dan inspirasinya. Semoga Indonesia bisa punya banyak aktor hebat seperti Om. Istirahat yang tenang ya, Om," kicau akun Twitter Joko Anwar.

 

Aktor kelahiran 30 Agustus 1941 ini meninggal dunia sekitar pukul 16:40 WIB di kediamannya. Diketahui ia meninggal akibat kanker usus yang diidapnya beberapa waktu belakangan.

Saat pertama kali divonis mengidap kanker usus pada bulan Januari 2020, Hengky yang pada waktu itu masih bergabung dengan sinetron Dunia Terbalik memutuskan untuk mundur demi menjalankan pengobatan dan kesehatannya.

Ayah dari aktor Verdi Solaiman ini sempat menjalani operasi kanker usus di Rumah Sakit Sumber Waras, Jakarta Barat di bulan Maret 2020. Namun, operasi yang berjalan sukses itu ternyata menyebabkan tubuhnya harus mendapat transfusi darah karena kekurangan hemoglobin.

Menurut penuturan anaknya, setelah menjalani operasi, Hengky sempat mengalami pendarahan usai operasi. Hal ini dikarenakan sambungan ususnya terbuka dan Ayahnya harus segera mendapat transfusi darah golongan AB sesegera mungkin.

"Jadi kemarin jalani operasi, secara operasinya bisa dibilang berhasil. Cuma sambungan ususnya itu berisiko karena HB-nya turun. Karena sebelum operasi juga HB-nya enggak tinggi. Salah satu kekhawatirannya adalah akan terjadi kekurangan darah dan pas malam itu sudah stabil," kata Verdi Solaiman pada 19 Maret lalu.

 

Sepanjang kariernya, wajah Hengky Solaiman kerap kali mewarnai layar kaca hingga layar lebar di berbagai judul film. Mulai dari Malam Minggu Miko The Movie, 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita, Koala Kumal, The Raid, hingga Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part I.

Selain dikenal sebagai aktor, dia juga dikenal sebagai seorang produser dan sutradara. Beberapa filmnya bahkan sempat hit di tahun 1980-an, seperti Romantika (1985), Harga Sebuah Kejujuran (1988), Suamiku Sayang (1990).

Rekomendasi