Bosan Puasa di Rumah Aja, Lakukan 5 Aktivitas Ini Yuk

| 16 May 2020 19:25
Bosan Puasa di Rumah Aja, Lakukan 5 Aktivitas Ini Yuk
Ilustrasi (Unsplash/ Edgar Castrejon)
Ramadan tahun ini memang beda. Akibat pandemi virus korona, tidak ada pertemuan di masjid untuk salat “tarawih”, tidak ada “iftar” buka puasa/makan malam bersama keluarga dan teman, dan tidak ada perayaan Idul Fitri maupun mudik.

Namun, tenang saja, masih ada banyak kegiatan menyenangkan yang dapat kamu lakukan di rumah sepanjang bulan suci Ramadan ini. Simak beberapa ide berikut!

Tenangkan pikiran dengan menggambar dan mewarnai

Jika kamu mencari kegiatan yang menenangkan, kamu dapat belajar sesuatu yang baru atau sebelumnya tidak sempat kamu lakukan, seperti menggambar dan mewarnai. Menggambar dan mewarnai bisa lebih dari sekadar cara untuk menghabiskan waktu. Studi menunjukkan bahwa kedua kegiatan tersebut dapat memiliki efek yang signifikan terhadap kesehatan mental kamu. Kamu dapat mulai dari menggambar benda-benda yang ada di rumah kamu termasuk hewan peliharaan, sepatu, atau tanaman favorit. Terdapat banyak sekali template mewarnai yang dapat diunduh secara gratis serta berbagai kelas daring di media sosial yang akan mengajarkanmu langkah-langkah menggambar. 

Menanam sayuran dan buah

Aktivitas lain yang dapat menenangkan pikiran dan dapat dilakukan semua anggota keluarga ketika terisolasi di rumah adalah berkebun! Kamu dapat mulai menanam sayuran seperti bayam, cabai, terong, atau jeruk dan membuat kompos dari limbahnya. Merawat tanaman dapat mengurangi stress akibat pandemi dan menyatukan anggota keluarga. Menurut The Old Farmer’s Almanac, kamu perlu memilih tempat yang tepat, memilih ukuran plot, memilih sayuran yang ingin ditanam, serta memutuskan di mana dan kapan untuk menanam untuk mulai berkebun sayur.

Membuat kue Idul Fitri

Ceriakan akhir pekan kamu dengan membuat kue Lebaran (Idul Fitri) buatan sendiri seperti nastar (kue isi selai nanas), kastengel (kue keju), dan putri salju (kue berlapis gula). Saat ini, banyak resep gratis dan mudah yang tersedia secara online. Kamu juga dapat membagikan kue ini sebagai hadiah untuk keluarga, teman, tetangga, dan/atau orang-orang yang kurang mampu sebagai cara untuk menunjukkan rasa kasih dan menjaga ikatan sosial di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Olahraga dan tetap bergerak aktif

Selama pembatasan sosial, kamu mungkin kesulitan berolahraga seperti biasanya. Faktanya, pada keadaan seperti ini, gaya hidup aktif menjadi semakin penting. Kamu dapat mulai dengan melakukan gerakan fisik ringan selama 3-4 menit, seperti berjalan atau peregangan. Kegiatan fisik yang teratur memberikan manfaat bagi tubuh dan pikiran. Ada banyak petunjuk peregangan dan latihan. Kamu juga dapat mengakses Jr. NBA at Home untuk berbagai latihan basket yang dapat dilakukan di rumah maupun di tempat yang terbatas. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi media sosial Jr. NBA Asia (di Instagram dan Facebook).

Buat diri kamu terinspirasi oleh beberapa dokumenter bagus

Terakhir, tambah wawasan kamu dan tenggelam dalam berbagai dokumenter yang bagus. Saat ini, dokumenter sangat mudah diakses dan menarik karena memberikan cerita yang otentik dan membantu kita untuk dapat memahami kehidupan dari sudut pandang orang lain. Salah satu film dokumenter terbaru yang telah menjangkau 6,3 juta penonton pada episode pertamanya adalah The Last Dance, serial dokumenter yang menggambarkan cerita Michael Jordan yang tidak pernah diketahui publik sebelumnya. Ya, serial dokumenter tersebut menarik dan membuat ketagihan seperti kedengarannya!

Semoga, ide-ide di atas dapat menceriakan Ramadan kamu ya.

Tags : tips sehat
Rekomendasi