Apa sih Spesialnya Motor Listrik Bertanda Tangan Jokowi yang Laku Rp2,5 M?

Tim Editor

Presiden Jokowi menjajal motor Gesits. (Foto: Twitter @setkabgoid)

Jakarta, era.id - Motor listrik buatan anak bangsa yang bertanda tangan Presiden Jokowi laku Rp2,5 miliar dalam lelang di konser "Berbagi Kasih Bersama Bimbo", Minggu (18/5). Antusiasme dari masyarakat Indonesia cukup tinggi mengikuti lelang yang keuntungannya didonasikan untuk penanganan COVID-19 itu.

Para selebritas yang dilibatkan untuk menerima telepon dari peserta lelang pun sempat kewalahan menerima panggilan telepon yang masuk untuk menawar motor listrik Gesits bertanda tangan Jokowi itu. Hingga akhirnya, warga asal Jambi bernama M. Nuh berhasil menang lelang dengan harga Rp2.550.000.000. 

Sekilas memang tak ada yang spesial dari motor buatan PT Gesits Technologies Indo (GTI) itu, selain karena ditandatangani sang kepala negara. Di samping itu, motor ini juga ditenagai dengan listrik yang artinya pengguna turut serta mengurangi konsumsi bahan bakar dunia dan lebih lebih ramah lingkungan.

Baca Juga : VIDEO: Jokowi Uji Coba Motor Listrik Nasional

Dengan kekuatan satu baterai (single battery) yang terpasang di motor ini, kamu bisa menempuh jarak hingga 50 km. Motor Gesits ini juga mampu dipasangkan dua baterai dan bisa menempuh jarak hingga 100 km. 



Skuter listrik ini memiliki waktu pengecasan baterai lithium ion sekitar 1,5-3 jam. Kecepatannya sendiri setara dengan kendaraan roda dua berkapasitas 125 cc. 

Sebelumnya, Jokowi juga pernah mencoba sepeda motor listrik itu di halaman belakang Istana Merdeka Jakarta, Rabu (7/11/2018). Presiden yang didampingi Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir, Mensesneg Pratikno beserta beberapa pihak dari PT Gesits Technologies Indo (GTI) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) saat mencobanya.

"Saya tadi coba, tapi tidak ada suaranya. Saya sukanya yang ngreng...ngreng....ngreng," kata Presiden usai mencoba sepeda motor listrik berwarna merah itu.

Baca Juga : Presiden Jajal Sepeda Motor Listrik Buatan ITS

Motor ini cocok buat kamu yang tidak suka dengan kebisingan suara motor. Karena ditenagai oleh listrik, suara mesinnya pun sangat halus. Jadi, selain ramah polusi udara, motor Gesits juga ramah polusi suara.



Untuk tenaga motor, Gesits punya tenaga mesin 6.7 hp @3600 rpm dan maksimal torsi 30 Nm @0-2125 rpm, yang memungkinkan tetap berlari kencang. Akselerasinya pun masih cukup bagus. Motor listrik Gesits bisa mencapai kecepatan dari 0–50 kmj hanya dengan waktu 5 detik saja.

Semua informasi tentang motor yang kamu tumpangi juga tersedia dari panel digital. Mulai dari kecepatan, jarak tempuh, kondisi baterai, dan jam bisa tertampil di sana.

Dalam segi tampilan, bodi Gesits juga terlihat lebih ramping. Dimensinya hanya 1.947 x 674 x 1.135 mm. Selain itu, bobot yang dari motor ini pun hanya seberat 94,5 kg. Jadi, gampang untuk dipindahkan saat lagi parkir.



Oh ya, motor ini juga meluncur dengan tiga varian warna, mulai dari merah, putih, dan hitam. Untuk harganya, Gesits dibanderol Rp24,95 juta (off the road). Kamu bisa mendapatkan baterai tambahan hanya dengan menambah biaya sebesar Rp5 juta lagi.

Bagaimana, tertarik untuk membeli motor karya anak bangsa?


 

Tag: jokowi covid-19 di indonesia sepeda motor listrik

Bagikan: