Hidangan Manis di Berbagai Negara Kala Idulfitri

| 24 May 2020 12:00
Hidangan Manis di Berbagai Negara Kala Idulfitri
Makanan manis diberbagai dunia rayakan Lebaran (Foto: Pinterest)
Jakarta,era.id - Hidangan ketupat, opor ayam, dan aneka kue kering sangat identik ketika melakukan perayaan Idulfitri di Indonesia. Di berbagai negara rupanya memiliki cara berbeda dalam merayakan Lebaran.

Perayaan tahun ini, seluruh umat Muslim merayakan Idulfitri di rumah bersama keluarga terdekat. Umat Muslim di seluruh dunia bersama-sama akan membacakan doa sebelum menikmati hidangan lezat dan manisan.

Masing-masing negara punya menu andalan untuk menikmati penutupan bulan suci Ramadan ini dengan menyantap makanan manis yang lezat. Dikutip dari Food NDTV (24/5/2020), berikut makanan manis yang identik di berbagai negara saat merayakan Idulfitri:

1. Sheer Khurma

Sheer Khurma, How to make Sheer Khurma Recipe | Sheer Korma ...

Sheer khurma (Foto: Pinterest)

Sheer khurma atau sheer khorma adalah puding sohun festival yang disiapkan umat Islam pada Idulfitri dan Iduladha di Afghanistan. Bahan-bahan yang digunakan Sheer Khurma serupa dengan puding susu, karena teksturnya lembut dan rasanya manis.

Susu dengan kurma menjadi ciri khas dari Sheer Khurma. Saat hidangan ini populer di Persia, mereka memadukan dengan banyak potongan kacang untuk menambah rasa gurih. Biasanya hal pertama yang dinikmati usai menunaikan ibadah salat Ied adalah menyantap Sheer Khurma. 

2. Shahi Tukda

Shahi Tukda | Easy Indian Desserts | Indian recipes | Indian food ...

Shahi tukda (Foto:pinterest)

Shahi tukda juga disebut double ka Meetha yakni makanan manis yang terkenal di India. Mereka menggunakan bahan-bahan non-hewani yang cocok dikonsumsi para vegetarian. Ada pun yang menambahkan susu kental manis supaya rasanya lebih manis.

Makanan manis ini bentuknya seperti roti goreng kecil yang dicelupkan ke dalam susu kental, dan beberapa potongan buah kering. Kemudian, ditambahkan sedikit cardamon.

Shahi tukda jadi makanan wajib di wilayah Andhra Pradesh dan Telagana saat merayakan Idul Fitri. Dengan rasanya yang manis beserta tekstur renyah di luar dan sangat lembut saat digigit.

3. Baklava

Pistachio Baklava | Receita | CulinĂ¡ria turca, Receitas libanesas ...

Baklava (Foto:Pinterest)

Baklava adalah jenis makanan ringan di kawasan Turki dan daerah-daerah tempat mantan kekuasaan Kesultanan Utsmaniyah. Makanan manis satu ini sangat terkenal dan mendunia dan menjadi pilihan untuk hidangan penutup ketika merayakan hari raya Idul Fitri.

Baklava rasanya renyah dan lezat, merupakan hidangan yang berasal dari Turki. Terbuat dari lapisan filo pastry yang dilapisi mentega dan potongan pistachio serta kacang cincang. Rasanya yang manis diselaraskan dengan siraman air mawar,madu, atau sirup karamel yang memberikan esensi wangi khas pada kue tersebut. 

4. Phirni

Phirni | Recipe (With images) | Sweets recipes easy, Phirni recipe ...

Phirni (Foto: Pinterest)

Phirni hampir sama dengan kheer, yaitu desert puding beras khas India yang dimasak dengan santan atau susu dan gula. Phirni adalah makanan manis terbuat dari susu dikentalkan dengan tepung beras. Lalu, ditambahkan dengan rempah cardamon, saffron, air mawar dan ditambah dengan topping pistachios serta kacang-kacangan.

Pembuatan phirni kerap menggunakan campuran santan. Untuk mengolahnya diperlukan waktu 3-4 jam. Rasa dari puding yang unik dan tekstur yang lembut menjadi hidangan wajib bagi warga India di hari raya Idulfitri.

5. Asseda

Cara Membuat Asidah di 2020 | Resep, Makanan, Makanan dan minuman

Aseeda (Foto:Pinterest)

Aseeda merupakan dessert jeli yang menggunakan bahan tepung gandum dan tambahan adonan roti yang sangat populer di wilayah Yemen, Saudi Arabia, Dubai, Sudan dan Libya.

Hidangan ini serupa dengan puding roti, tetapi tekstur dan rasa cukup berbeda. Bahan utama membuat aseeda adalah gandum dan madu. Kedua bahan makanan ini memiliki makna penting dibaliknya dan tidak sembarangan memilihnya.

Gandum dan madu dipercaya makanan penuh makna. Sehingga, mereka akan menyajikan madu dan gandum dalam acara perayaan agama seperti Idulfitri.

Rekomendasi