Selamat dari Perang, Aligator Peliharaan Adolf Hitler Mati di Usia 84 tahun

| 26 May 2020 12:15
Selamat dari Perang, Aligator Peliharaan Adolf Hitler Mati di Usia 84 tahun
Aligator peninggalan Perang Dunia II (Twitter/@moscowzoo)
Jakarta, era.id - Seekor aligator yang selamat dari Perang Dunia II, Berlin, Jerman dilaporkan mati pada usia 84 tahun di Kebun Binatang Moskwa, Rusia. Diduga aligator tersebut merupakan peliharaan pemimpin Nazi, Adolf Hitler.

Reptil buas itu bernama Saturn yang lahir di Mississipi, Amerika Serikat. Keberadaannya ditemukan oleh tentara Inggris pada 1936. Lalu, ia dibawa ke Jerman dan tinggal di salah satu kebun binatang Berlin. Usai memasuki puncak Perang Dunia II pada 1945, kebun binatang yang ditempati jadi sasaran pengeboman dari pasukan Sekutu.

Saat peperangan banyak binatang yang terbunuh dan terluka, berbeda dengan Saturn yang selamat dan tidak mengalami luka. Saat itu, ada 96 dari total 16 ribu binatang penghuni kebun binatang di Jerman, termasuk Saturn yang selamat dari Perang Dunia II. 

Setahun setelah peperangan pada Juli 1946, tentara Uni Soviet memindahkan Saturn dari Berlin ke kebun binatang di Moskow. 

Banyak spekulasi yang menimpa Saturn saat dipindahkan ke Moskow, salah satunya adalah ia merupakan peliharaan Hitler.

"Seketika banyak beredar rumor menyebutkan Saturn termasuk koleksi Hitler dan bukan dari kebun binatang di Berlin,” tulis pernyataan dari kebun binatang Moskow ketika mengumumkan kematian Saturn, yang dikutip dari IFL Science, Selasa (26/5/2020)

<blockquote class="twitter-tweet"><p lang="ru" dir="ltr">????? ????? ??? ???????????? ????????? ?????? ???? ?? ????????. ??? ???? ????? 84 ??? – ?????? ????????? ???????. ??????????? ???????? ?????? ????? ????????? ??????? 74 ????. ?? ????? ?????? ?? ??? ??????. ????????, ??? ?? ??? ?? ????????????. <a href="https://t.co/UigsB8xwBv">pic.twitter.com/UigsB8xwBv</a></p>&mdash; ?????????? ??????? (@moscowzoo) <a href="https://twitter.com/moscowzoo/status/1264144771020439552?ref_src=twsrc%5Etfw">May 23, 2020</a></blockquote> <script async src="https://platform.twitter.com/widgets.js" charset="utf-8"></script>

Pihak kebun binatang di Moskow merasa sangat terhormat, sebab telah menjaga Saturn hingga 74 tahun disisa hidupnya.  

"Kebahagiaan besar masing-masing dari kami bisa memandang matanya, diam-diam berada di dekatnya," lanjut rilis tersebut.

Dikutip dari Daily Mail pada Selasa (26/5/2020), Dmitry Vasilyev, seorang dokter hewan kebun binatang Moskow, mengatakan tidak ada keraguan jika Adolf Hitler mengaguminya. Baginya, Saturn menjadi daya tarik di kebun binatang di Berlin sebelum adanya perang.

Sebelumnya, Saturn sempat menghilang hingga ditemukan kembali oleh tentara Inggris tiga tahun kemudian. Teori konspirasi menyatakan Saturn bersembunyi di ruang bawah tanah, sudut-sudut kegelapan atau saluran pembuangan kotoran. Teori lain mengatakan dia berada di kebun binatang milik seorang senior Nazi.

Pada awal 1990, Saturn menyaksikan keruntuhan Uni Soviet dan melaporkan dia berlinang air mata ketika tank menembak parlemen Rusia di dekatnya.

Bahkan, ada juga pengunjung kebun binatang yang kejam melemparkan batu ke kepalanya dan Saturn membutuhkan perawatan selama berbulan-bulan. Saturnus adalah penghuni terlama Kebun Binatang Moskow. 

Rekomendasi