Reza Rahadian Mulai Debut Sutradara Lewat Miniseri 'Sementara, Selamanya'

Tim Editor

    Di balik layar miniseri "Sementara, Selamanya" (Foto: Spasi Moving Image)

    Jakarta, era.id - Aktor pemeran Habibie di film Habibie & Ainun, Reza Rahadian mulai menampakkan minatnya sebagai sutradara. Lewat film Sementara Selamanya aktor berusia 33 tahun ini memulai debutnya sebagai sutradara sekaligus pemeran utama di film yang digarapnya.

    Film pertama yang disutradarinya ini berawal dari obrolan iseng antara Reza dengan penulis ternama, Ika Natassa. Saat itu, Reza sedang melakukan siaran live Instagram bareng Ika dan tercetuslah ide film Sementara Selamanya.

    "Aku pikir ini enggak seserius ini, tapi akhirnya itu berkembang," kata Reza.

    Lahir dari keisengan di tengah pandemi COVID-19, proses produksi itu juga dikerjakan selama masa pandemi terjadi. Tentunya dengan tetap memperhatikan kesehatan dan keselamatan kru dan pemain yang aktif terlibat.

    Menurut Reza, dia hanya menggunakan tujuh orang kru dalam pembuatan miniserinya. Bahkan dari ketujuh orang tersebut tak semuanya terlibat dan berada di lokasi syuting secara langsung.


    Poster miniseri "Sementara, Selamanya" (Foto: Spasi Moving Image)

    "Tidak semua orang perlu ada di set maka kita bergantian, kaya misal setting ruang tamu, hanya tiga orang saja. Tidak ada alat-alat besar, penumpukan mobil, tidak ada keramaian," lanjut Reza dalam siaran pers virtualnya, Jumat (29/5/2020).

    Reza melanjutkan proses syuting miniserinya itu hanya berlangsung selama tiga hari saja. Setiap hari Reza dan timnya menyelesaikan 2 episode saja dan dikerjakan hanya di satu lokasi saja.

    "Banyak orang yang merangkap berbagai job gitu, jadi emang kayak gitu, itulah saya bilang kenapa ini adalah dream team," ungkap Reza.

    Selama pengerjaan filmnya, Reza juga tak luput dari kendala dan kesulitan yang dia alami. Baginya, salah satu tantangannya adalah mengatur jalannya proses syuting di tengah pandemi. Dia dan timnya harus memikirkan jarak, kondisi, dan juga keselamatan semua kru dan pemain.

    "Ceritanya adalah pasangan suami istri yang harus terpisah karena pekerjaan, enggak mungkin untuk bertemu. Tentang hubungan, tentang jarak, tentang menghadapi situasi yang baru. Saya merasa related dengan cerita ini," tambahnya.

    Film ini melibatkan banyak aktor ternama Indonesia, seperti Christine Hakim, Laura Basuki, Ruth Marini, dan pastinya Reza sendiri sebagai aktor pria utama. Miniseri Sementara Selamanya ini dijadwalkan tayang pada 6 Juni 2020 setiap Sabtu dan Minggu lewat platform streaming Vidio.

    Tag: film indonesia

    Bagikan :