Lama Tak Bercinta, Waspadai 4 Gangguan Kesehatan dan Kehidupan

| 31 May 2020 23:06
Lama Tak Bercinta, Waspadai 4 Gangguan Kesehatan dan Kehidupan
Ilustrasi lama tak bercinta (Unsplash/Priscilla Du Preez)
Jakarta, era.id - Long Distance Relationship (LDR) atau hubungan jarak jauh melanda banyak pasangan suami-istri saat ini. Adanya lockdown di sejumlah negara dan aturan Pembatasan Status Berskala Besar (PSBB) di daerah membuat jarak bagi pasangan suami istri di berbagai kota dan negara.

Masalah jarak tersebut otomatis berdampak terhadap urusan ranjang. Absen bertemu, absen pula bercinta. Problembatika semakin rumit kala waktu bertemu entah kapan bisa terealisasi. Mereka yang terkena dampak sulit bercinta akibat jarak mulai mengalami gangguan psikologis hingga kesehatan fisik dalam jangka panjang.

Lantas, apa dampak yang terjadi pada tubuh jika lama tak berhubungan seksual? Dikutip dari Men's Health, Minggu (31/5/2020, berikut lima hal yang bisa terjadi jika lama tak bercinta.

1. Tekanan darah meningkat

Sebuah penelitian dalam jurnal medis Biological Psychology menemukan orang yang berhubungan seks secara rutin memiliki tingkat tekanan darah lebih rendah ketimbang yang tidak bercinta. Jika tidak berhubungan seksual dalam waktu lama tekanan darah bisa meningkat.

Sebuah penelitian pada 2006 mengungkap, bercinta secara rutin bisa menurunkan tekanan darah. Hal ini dapat membuatmu lebih tenang serta meredakan segala masalah lain yang sedang dihadapi.

2. Kadar stres meningkat

Ahli saraf Dr debora W Soh mengatakan saat berhubungan seks tubuh mengeluarkan endorfin yang bisa meningkatkan suasana hati. Ketika kamu tidak melakukan hubungan seks dalam jangka waktu tentu maka bisa meningkatkan tingkat stres. Hal ini disebabkan kurangnya orgasme yang mampu melepaskan endorfin.

"Endrofin dilepaskan sehingga bisa membantu meningkatkan mood. Jadi, ketika kamu biasa melakukan seks untuk mengatasi stres, hal ini bisa menimbulkan frustrasi," ujar Debora.

3. Kekebalan tubuh menurun

Orgasme yang didapatkan saat berhubungan seks bisa meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Penelitian terkemuka banyak mengungkap manfaat bercinta bagi sistem imunitas tubuh.

Psikolog Carl Charnetski dan Francis Brennan melakukan percobaan terhadap sampel air liur pasangan yang melakukan hubungan seks sekali atau dua kali dalam seminggu. Hasilnya, ditemukan kandungan konsentrasi yang sangat tinggi dari antibodi pilek serta imunoglobulin A. Sehingga, memiliki sistem imunitas tubuh menjadi lebih baik.

4. Performa kerja terganggu

Melakukan seks bisa membantu performa yang kamu miliki dalam bekerja. Sebuah penelitian dari Oregon State University menemukan pasangan dengan kehidupan seks yang aktif, cenderung jauh lebih bahagia ketika bekerja.

"Menjaga hubungan sehat yang mencakup kehidupan seks dapat membantu karyawan lebih bahagia dalam pekerjaannya serta berkomitmen terhadap pekerjaan yang bisa membawa manfaat," kata Prof Keith Leavitt.

Tags :
Rekomendasi