Ini Cerita di Balik Berdirinya Patung Soekarno di Aljazair

| 07 Jun 2020 19:02
Ini Cerita di Balik Berdirinya Patung Soekarno di Aljazair
Patung Soekarno (Twitter/@ridwankamil)
Aljir, era.id - Masih dalam rangka memeringati hari kelahiran proklamator Indonesia pada 6 Juni kemarin. Sosok Ir. Soekarno tak hanya berjasa bagi kemerdekaan Indonesia. Namun, juga menjadi sosok penting bagi beberapa negara di dunia, salah satunya Aljazair.

Hal itu terbukti dari berdirinya patung Soekarno di kota Aljir. Berdirinya patung Soekarno menyimpan cerita hubungan penting dalam catatan sejarah. Diunggah akun Facebook, Bonnie Triyana, diceritakan kisah di balik berdirinya patung Bung Karno di kota Aljir, Aljazira.

"Patung bung karno karya Dolorosa Sinaga ini berdiri di Aljir, Aljazair. Akan diresmikan pada 15 Juli 2020. Bng Karno punya subangsih besar terhadap gerakan kemerdekaan Aljazair dari penjajahan Prancis. Pada 1956, setahun setelah Konferensi Asia Afrika (KAA) Bandung, Bung Karno memberikan bantuan kepada Front Pembebasan Nasional (National Liberation Front) Aljazair dalam bentuk rumah di Jl. Serang, Menteng, Jakarta Pusat," tulis Bonnie Triyana dalam keterangan foto patung Bung Karno 

Lebih lanjut ia menjabarkan, rumah tersebut dijadikan kantor perwaikilan NLF di Jakarta, sekaligus koordinasi NLF untuk menggalang dukungan politik dari negara-negara di Asia. Di mana Kepala perwakilan NLF saat itu dijabat oleh Lakhdar Brahimi.

Berdirinya patung Bung Karno ini juga menjadi perhatian Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil Melalui akun Twiter, ia memagikan foto-foto proyek pembangunan patung tersebut.

"Bung Karno sangat dihormati di Aljazair. Karena inspirasi Bung Karno juga karena semangat Dasa Sila Bandung di KAA 1955 yang memberikan inspirasi bagi para pendiri Aljazair untuk merebut kemerdekaan dari penjajah di sana. Ini merupakan kehormatan nama Indonesia di mata dunia," cuit Ridwan Kamil di Twitter.

<blockquote class="twitter-tweet"><p lang="in" dir="ltr">Bung Karno sangat dihormati di Aljazair. Karena inspirasi Bung Karno juga karena semangat Dasa Sila Bandung di KAA 1955 yang memberikan inspirasi bagi para pendiri Aljazair untuk merebut kemerdekaan dari penjajah di sana. Ini merupakan kehormatan nama Indonesia di mata dunia. <a href="https://t.co/RVGkYIWYcP">pic.twitter.com/RVGkYIWYcP</a></p>&mdash; ridwan kamil (@ridwankamil) <a href="https://twitter.com/ridwankamil/status/1257924934921224192?ref_src=twsrc%5Etfw">May 6, 2020</a></blockquote> <script async src="https://platform.twitter.com/widgets.js" charset="utf-8"></script>

Tags : wisata
Rekomendasi