Terkuak Alasan Indomaret Menggunakan Kata Maret Bukan Mart

| 11 Jun 2020 19:15
Terkuak Alasan Indomaret Menggunakan Kata Maret Bukan Mart
Ilustrasi Indomaret (Instagram/@loker.tapalkuda)
Jakarta, era.id - Biasanya merek mini market identik dengan kata 'mart' yang berarti pasar. Begitu pula dengan mini market yang ada di Indonesia. Seperti Alfamart, Familymart, Hypermart, dan masih banyak lagi. Tetapi, ada satu  mini market yang franchise-nya tersebar hampir di setiap jalan tidak menggunakan kata 'mart', melainkan 'maret'.

Adalah Indomaret. Minimarket yang hampir semua buka 24 jam ini sudah berjasa banget menolong kita untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari mulai dari bahan panganan sampe perlengkapan makeup.

Pernahkah kamu bertanya, mengapa Indomaret tidak menggunakan kata 'mart', tetapi 'maret'?

Mengutip dari Indomaret.co.id, mini market ini berasal dari hasil pemikiran untuk memudahkan kebutuhan pokok sehari-hari karyawan makanya Indomaret dibentuk. Mini market yang berdiri pada 1988. Toko pertama dengan nama Indomart dibuka di Ancol, di bulan Juni 1988, dikelola oleh PT. Indomarco Prismatama.

Konsep awal penyedia gerai yang berlokasi didekat hunian konsumen menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari.

Ada dua pendapat yang menguak alasan nama Indomart berubah menjadi Indomaret. Pertama, menyesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia.

Kedua, ada yang mengatakan pada 90-an muncul peraturan pemerintah yang datang dari semangat nasionalisme bagi masyarakat. Sehingga muncul larang merk atau brand menggunakan bahasa Inggris. Contoh seperti Palm Court menjadi Palma Citra. Begitu juga dengan Indomart yang berubah menjadi Indomaret.

Rekomendasi