Pemuda di Surabaya Dipenjara Usai Curi Makanan Senilai Rp100 Ribu di Indomaret

| 26 Jul 2023 15:02
Pemuda di Surabaya Dipenjara Usai Curi Makanan Senilai Rp100 Ribu di Indomaret
Ilustrasi Indomaret (Antara)

ERA.id -  Viral di media sosial Twitter, seorang pemuda bernama Galuh Firmansyah berumur 26 tahun dipenjara lantaran mencuri sejumlah makanan di Indomaret di Jalan Gunung Anyar Surabaya sebesar Rp100 ribu.

Dikutip dari akun media sosial @mazzini, pemuda yatim piatu dan putus sekolah itu mengaku kelaparan sehingga melakukan mencuri dua botol teh kemasan, satu bungkus Oreo, satu Silverqueen, dan satu bungkus Indomie.

Mazzini menyatakan jika Galuh sudah mengakui kesalahan dan meminta maaf serta telah beberapa kali menempuh upaya restorative justice sejak di kepolisian.

Namun, pihak Indomaret tetap membawa kasus pencurian ini ke ranah hukum karena mengalami kerugian Rp100 ribu.

"Hal itu terpaksa ia lakukan karena pemuda yg sehari-hari bekerja sebagai penjaga konter aksesoris hp ini belum gajian dan tidak ada uang untuk makan," kata @mazzini.

"Galuh sudah mendekam di tahanan selama lebih dari 60 hari sejak pertama kali ditahan tanggal 24 Mei 2023 dan berikut ini adalah surat permintaan maaf dari Galuh untuk masyarakat luas, untuk Jenderal @ListyoSigitP dan Kejaksaan Negeri Surabaya @KN_Surabaya," cuit Mazzini.

Dalam cuitan tersebut, @mazzini juga mengunggah foto surat yang merupakan hasil tulisan tangan dari Galuh yang ditujukan kepada Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Dalam surat itu juga, dia meminta maaf dan mohon ampun kepada Indomaret.

"Semoga ada sedikit kelapangan hati dari pihak @Indomaret agar memaafkan Galuh Firmansyah bahkan bila perlu menghentikan gugat terhadapnya. Begitu juga dengan Pak Jenderal @ListyoSigitP," jelas Mazzini.

Cuitan tersebut pun mendapat respons pro dan kontra dari netizen.

"Tapi masa iya orang kelaparan kepikiran ngambil silverqueen & oreo? kenapa engga ambil roti aja? dan kenapa teh? kenapa bukan air putih? Kayak gini emang kasian sih, tapi di sisi karyawan indomaret juga kasian kalo tiap ada kasus barang kurang harus nombokin + potong gaji," jelas akun @yrev***

"26 tahun, laki-laki, alasan gak punya uang buat makan, tapi nyuri nya silverqueen dan oreo. Alasan diatas udah gak logis," jelas akun @vadr****

"Walaupun tindakan mencurinya salah. Tapi tidak bisa kah @Indomaret lebih bijaksana lagi dalam mengadilinya," jelas akun @iam_****

Rekomendasi