Game Jadul Pertama Ciptaan Bill Gates Kini Bisa Didownload

Tim Editor

Donkey.bas (Dok. Apple App Store)

Jakarta, era.id - Pada 1981, Bill Gates yang kala itu berusia 26 tahun menciptakan suatu game komputer bernama Donkey.bas yang kini bisa kamu unduh di App Store.

Donkey.bas atau Donkey pada dasarnya bermula dari permainan mengemudi arcade jadul di mana pemain mengarahkan mobil balap digital menyusuri jalan raya lurus yang dipenuhi keledai. Tujuan dari permainan ini adalah menghindari menabrak keledai. Semakin lama kamu bisa pergi tanpa memukul keledai, maka semakin banyak poin yang didapatkan.

Gates dan Konzen membuat permainan ini, dimana Microsoft baru berusia 6 tahun yang didirikan pada tahun 1975. Gates menulis pemrograman game dengan salah satu karyawan pertama Microsoft, programmer sistem Neil Konzen. Dalam pidatonya pada 2001, Gates mengatakan bahwa ia dan Konzen menulis program game di suatu hari yang dimulai pada jam 4 pagi. 

“Kami menulis hingga larut malam, untuk aplikasi kecil dengan menunjukkan apa yang dibangun oleh Basic ke dalam PC IBM. Ini yang kami lakukan, dan jadilah Donkey.bas. Pada saat itu, sungguh sangat mendebarkan," ujar Gates saat itu yang dikutip dari CNBC pada Selasa (16/6/2020)

Meskipun game ini tampaknya sangat sederhana menurut standar game modern, pengembang aplikasi XVision membangkitkan Donkey.bas pada 2012 untuk menghadirkan gim lawas itu ke perangkat seluler yang menjalankan iOS Apple. Donkey diakui sebagai salah satu game pertama dibangun oleh PC IBM.

"Hidupkan kembali game klasik yang memulai semuanya. Kalahkan DONKEYS dan jadilah pembalap top kamu sejak lahir!" tulis XVision di boilerplate gim dalam situs web App Store. 

Sekarang, gim tersedia di Apple App Store hanya dengan USD 99 sen atau Rp13 ribu dan dapat dimainkan di iPhone, iPad, iPod touch, atau Apple TV.

Tag: istri bill gates asian games produk apple

Bagikan: