Jangan Anggap Sepele, Spons Cuci Piring Bisa Picu Diare

Tim Editor

Spons cuci piring (Unsplash/@makarskij)

Jakarta, era.id - Spons cuci piring ternyata bisa menjadi sumber yang menyebabkan penyakit diare pada tubuh manusia. Melalui sebuah penelitian terungkap hal sepele yang berakibat fatal di balik spons cuci piring.

Dilansir dari World of Buzz, Jumat, (19/6/2020), spons cuci piring bisa jadi lebih kotor dari toilet, lantaran spons kerap digunakan untuk membersihkan segala macam kotoran yang menempel di peralatan makan. Terkadang spons juga digunakan buat membersihkan wastafel cuci piring.

Dikutip dari doktersehat, Pakar kesehatan Charles Gerba dari Mel and Enid Zuckerman Arizona University, Amerika Serikat menyebut spons cuci piring sebagai salah satu sarang bakteri. Dia bahkan menyebut bakteri di dalam spons cuci piring seperti salmonella bisa saja memiliki jumlah lebih tinggi dari bakteri yang ada di toilet.

Penelitian lain yang dilakukan Gerba pada 2017 silam menemukan spons cuci piring memiliki kandungan pathogen tinggi yang menyebabkan kontaminasi silang, baik itu peralatan masak ke peralatan makan maupun sebaliknya.

Apabila kita makan dengan peralatan yang dipenuhi bakteri, maka risiko terkena diare semakin tinggi.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengatakan spons bisa jadi lahan perkumpulan dan perkembangbiakan bakteri akibat kondisinya yang cenderung lembap. 

Mengingat setiap tahunnya ada 380 orang kehilangan nyawa di Amerika Serikat akibat infeksi bakteri salmonella. Untuk membersihkan spons ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Kamu bisa merendam spons di air panas selama 5 menit atau bisa merendam dalam wadah air panas yang bercampur sabun pembersih lalu dipanaskan di microwave.

Selain itu, sangat disarankan untuk selalu mengganti spons cuci piring setiap satu atau dua minggu sekali.

Tag: diare spons bahaya kesehatan

Bagikan: