Mengatasi Kulkas Bau Tidak Sedap dengan Beberapa Langkah Mudah

| 27 Jan 2024 14:37
Mengatasi Kulkas Bau Tidak Sedap dengan Beberapa Langkah Mudah
Mengatasi kulkas bau tidak sedap (unsplash)

ERA.id - Bau tidak sedap pada kulkas adalah hal yang mungkin dialami oleh banyak orang. Untuk itu penting bagi Anda untuk tahu cara mengatasi kulkas bau tidak sedap yang akan dibahas pada artikel ini.

Jika Anda merasa kulkas Anda mengeluarkan bau yang kurang menyenangkan, jangan khawatir, karena dalam artikel tutorial ini, kita akan membahas berbagai langkah praktis dan efektif untuk mengatasi masalah bau tak sedap pada kulkas.

Dengan tips yang sederhana namun efektif ini, Anda dapat mengembalikan kesegaran dan keharuman pada kulkas Anda dan menciptakan penyimpanan makanan yang lebih bersih dan nyaman.

Tips Mengatasi Kulkas Bau Tidak Sedap

  1. Buang makanan yang sudah tidak layak konsumsi

Penyebab bau tak sedap pada kulkas Anda mungkin disebabkan oleh makanan yang telah kadaluarsa atau basi. Untuk itu, singkirkan semua barang yang sudah kadaluarsa atau rusak, dan susunlah kulkas serta freezer Anda agar makanan mudah dijangkau dan tidak terlupakan.

Buang makanan kadaluarsa di dalam kulkas (Unsplash)
  1. Rutin ganti filter udara kulkas Anda

Beberapa jenis kulkas dilengkapi dengan filter udara yang dapat menjadi 15 kali lebih efektif daripada menambahkan baking soda dalam mengurangi bau tak sedap akibat makanan.

Maka dari itu, rutin mengganti filter udara sesuai petunjuk dalam buku panduan kulkas Anda dapat membantu mencegah dan menghilangkan bau yang tidak diinginkan.

  1. Bersihkan bagian dalam kulkas

Untuk menghilangkan bau tak sedap dari kulkas, bersihkan kulkas secara menyeluruh. Cabut kabel daya kulkas dan dengan hati-hati keluarkan semua makanan serta rak yang dapat dilepas.

Kemudian lap bagian dalam kulkas dengan air hangat dan sabun cuci. Setelah dibilas, keringkan permukaan dengan handuk bersih. Penting diingat adalah jangan mencuci bagian kulkas di mesin pencuci piring.

Sebelum melanjutkan bagi Anda yang mengeluhkan kulkas tidak dingin, dapat simak tips berikut: Tanda Kulkas Kurang Freon

  1. Bersihkan Laci dan Rak Kulkas

Gunakan air sabun hangat untuk membersihkan saluran laci atau rak, lalu bilas dengan bersih. Keringkan saluran dengan kain microfiber lembut sebelum memasang kembali laci dan rak.

Jika ada tumpahan di dalam kulkas maka dapat membuat laci atau rak menjadi lengket. Untuk itu, keluarkan semua bagian yang dapat dilepas dan bersihkan tumpahan dengan air hangat, kain lembut, dan sabun pencuci piring ringan. Lalu lap bagian luar kulkas. Jika tumpahannya sangat banyak, mungkin perlu membersihkannya lebih lama.

  1. Bersihkan karet pintu kulkas

Membersihkan karet pintu kulkas (seal di bagian dalam pintu yang biasanya terbuat dari karet, berfungsi untuk mencegah udara keluar) dapat membantu mencegah dan menghilangkan bau tak sedap.

Coba untuk mencuci karet pintu dengan spons bersih atau kain lembut dan juga gunakan deterjen ringan dalam air hangat. Kemudian, bilas dan lap karet pintu dengan kain bersih dan lembut.

  1. Bersihkan penampung air kulkas

Membersihkan penampung air secara teratur juga dapat membantu mencegah dan menghilangkan bau. Untuk melakukannya, hati-hati keluarkan penampung air dari bagian bawah kulkas dan cuci dengan air hangat dan sabun pencuci piring. Pastikan untuk membilas dan mengeringkannya dengan baik sebelum memasangnya kembali.

  1. Berikan sirkulasi udara

Cabut kabel daya kulkas dan bersihkan bagian dalamnya dengan baking soda untuk kesegaran ekstra. Lalu biarkan terbuka selama setidaknya satu hari sebelum menyambungkannya kembali.

Selain mengatasi kulkas bau tidak sedap, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi