Wanita Nyaris Meninggal Usai Makan Sisa Semangka dari Kulkas, Ini Penjelasan Dokter

Tim Editor

    Semangka (Foto: Pexels)

    Jakarta, era.id - Siapa yang tak suka makan semangka? Buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi ini sangat segar. Biasanya disimpan di dalam kulkas agar bisa dinikmati dingin-dingin. Tapi siapa sangka ada seorang wanita yang nyaris meninggal dunia usai makan sisa semangka yang dismpan di kulkas.

    Seorang wanita berusia 50 tahun yang tinggal di Wuhan, China nyaris meninggal dunia usai mengonsumsi sisa semangka di kulkas. Menurut Sin Chew Daily, wanita paruh baya itu membeli semangka utuh untuk dikonsumsi. Namun, karena tidak habis ia menaruh sisa semangka di kulkas.

    Dikutip dari Must Share News pada Minggu (21/6/2020), setelah dua hari semangka itu ada di dalam kulkas. Wanita itu berniat ingin kembali memakan. Tetapi tidak disangka, keputusannya fatal atau petaka. Tak lama setelah menghabiskan sisa semangka, wanita itu mulai mengalami gejala panas dingin dan demam.

    Keesokan harinya, gejalanya makin memburuk dan dia dilarikan ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan menyatakan wanita itu telah mengalami penurunan tekanan darah secara drastis atau syok. Hal itu, dikarenakan jumlah bakteri dalam tubuhnya naik ribuan kali lebih tinggi dari jumlah normal. 

    Kondisinya saat itu bisa menjadi fatal bahkan bisa mengakibakan meninggal dunia lantaran bakteri di usus tumpah ke alirah darah yang berpotensi menyebabkan syok sepsis dan septik. Kedua kondisi ini bisa mengancam nyawanya.

    Untungnya, kondisinya sudah terkendali berkat kerja keras dari para dokter.

    Seorang profesor dari Universitas Pertanian Cina menunjukkan dua kemungkinan penyebab di balik pertumbuhan bakteri di semangka. Pertama ada di temperatur yang terlalu hangat pada kulkas. Kedua, kondisi kulkas yang kotor.

    Sebelumnya, kondisi ini juga dialami oleh pria berusia 70 tahun di Hunan, China yang kakinya harus diamputasi usai memakan semangka. Pria bernama Lianhe Zaobao mengalami sakit perut usai makan semangka yang disimpan di lemari es hanya dua jam saja.

    Saat berada di rumah sakit, hasil pemeriksaan menyatakan usus kecilnya tersumbat serta menunjukkan tanda-tanda hematoma, perdarahan di luar pembuluh darah dan nekrosis, yang merupakan kematian sel dalam organ atau jaringan.

    Pada akhirnya, dokter tidak punya pilihan selain mengamputasi organ yang terkena demi menyelamatkan nyawanya.

    Maka dari itu kebersihan jangan diabaikan. Hal yang pertama yang bisa dilakukan adalah memastikan kulkas cukup sejuk dan selalu bersih untuk mengurangi kemungkinan pertumbuhan bakteri. 

    Tag: semangka kuliner ramadan kabar bj habibie meninggal dunia

    Bagikan :