Kreatif, Kampanye Cegah COVID-19 Bisa Dipelajari Lewat Game

Tim Editor

Ilustrasi (Unplash/@ Brian McGowan)

Jakarta, era.id  – Direktur Industri Kreatif Film Televisi dan Animasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf), Syaifullah mengatakan, pihaknya saat ini dalam kegiatan Game Lokal Kreasi Indonesia atau GELORA 2020 telah menetapkan tujuh pengembang game lokal untuk diberikan fasilitasi dalam mewujudkan ide pengembangan game terkait sosialisasi pencegahan dan penanganan wabah COVID-19.

Dukungan terhadap gerakan ini kemudian berkembang begitu luas, dimana beberapa pengembang dan penerbit game Indonesia turut mengamplifikasi pesan dari GELORA 2020 agar bisa diterima lebih banyak orang melalui game yang sedang dikembangkan ataupun yang sudah dirilis. 

"Tujuan utama dari GELORA adalah untuk mendorong kreasi anak bangsa dalam menciptakan game-game yang inovatif,” kata Syaifullah dalam keterangan melalui siaran pers yang diterima Era.id.

Pengembang dan penerbit game Indonesia tersebut salah satunya adalah Megaxus Infotech. Penerbit game papan atas Indonesia ini mengungkapkan bahwa mereka siap mendukung pelaksanaan kampanye GELORA 2020 melalui sebuah game mobile yang tengah mereka kembangkan. 


Salah satu contoh game pencegahan COID-19 (Dok. Kemenparekraf)

Selain itu, ada juga Yayasan Teknologi untuk Indonesia yang juga siap membantu untuk membawa pesan-pesan sosialisasi GELORA 2020 dalam game mobile mereka yang sudah rilis. 

Berjudul "Dawn of Civilization: Game for Charity", game ini adalah sebuah game edukasi gratis ciptaan Solve Education! Indonesia yang bisa dimainkan tanpa memakai kuota internet. Game ini mengajak anak belajar tentang bahaya COVID-19, cara menjaga diri dan lingkungan, serta menangkal hoaks.

Syaifullah mengatakan, program GELORA sebagai bagian dari stimulus pemerintah terhadap industri kreatif, diharapkan dapat membantu meringankan beban pebisnis yang terpengaruh. Di sisi lain, karya-karya yang dihasilkan diharap dapat membantu pemerintah menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat untuk bersama-sama menanggulangi pandemi ini. 

"Bila diterima baik, diharapkan kedepannya program ini dapat berlanjut dan game mulai menjadi medium penyampaian pesan yang umum bagi masyarakat Indonesia,” kata dia.

Sebelumnya Plt. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Josua Simanjuntak, mengatakan, nantinya, game-game ini akan dikampanyekan oleh Kemenparekraf untuk menjadi salah satu media interaktif sosialisasi pencegahan dan penanganan Covid-19.

Tag: kemenparekraf wisata destinasi asian games covid-19

Bagikan: