Lima Makanan Sisa Ini Bisa Diolah Jadi Santapan Lezat

Tim Editor

Ilustrasi sisa makanan jadi santapan lezat (Foto: Pexels)

Jakarta, era.id - Kebiasaan membuang makanan sering kali dilakukan orang-orang. Terutama jika makanan tersebut sudah kedaluwarsa atau tersimpan di kulkas dengan waktu yang lama. Tentu seseorang akan segera berpikir membuangnya.

Tapi tahukah kamu, sebenarnya ada beberapa makanan sisa yang bisa diolah menjadi santapan lezat. Selain itu, mengolah makanan sisa bisa menghemat biaya kebutuhanmu. Dikutip dari Insider pada Rabu (24/6/2020), berikut lima makanan sisa yang bisa diolah menjadi santapan lezat.

1. Sisa buah jadi jus

Middle aged woman making smoothie in blender in modern kitchen ...
Ilustrasi blender jus buah (Foto: Freepik)

Meski buah itu sudah kelamaan di dalam kulkas, tentu membuat buah berubah warna dan tidak segar. Bahkan, kebanyakan orang tidak akan nafsu untuk melahapnya lagi.

Namun, sebaiknya kamu jangan langsung membuangnya begitu saja. Buah-buahan itu bisa kamu olah kembali menjadi jus buah segar. Siapkan blender dan masukkan buah-buah serta tambahkan gula, dan es batu. Smoothie siap dinikmati.

2. Sisa roti jadi toast

Leftovers | Free Vectors, Stock Photos & PSD
Toast (Foto: Freepik)

Jika kamu menemukan roti sisa bahkan hampir kadaluwarsa, sebaiknya jangan langsung dibuang. Kamu bisa bikin toast (roti panggang) dan tambahkan selai atau olesan mentega untuk dipanggang.Kamu juga bisa panggang roti supaya tekstur lebih renyah dengan diselipkan salad sayuran. 

Sisa roti bisa juga dioven dengan api kecil sampai kering lalu haluskan sampai jadi tepung. Nantinya tepung itu bisa dipakai untuk membalut aneka nugget atau risoles yang renyah.

3. Sisa sayuran jadi sup

Bowl Of Soup And Two Silver Spoons
Sup (Foto: Pexels)

Rasa sayuran yang kurang menarik memang menjadi penyebab lauk yang satu ini kurang diminati di rumah. Akibatnya enggak jarang sayur banyak tersisa dan bingung mau diolah jadi apa.

Sisa sayuran bisa kamu olah jadi sup. Kunci utama kenikmatan sup ada di rempah. Beberapa bahan yang bisa kamu gunakan adalah lada, daun parsley, oregano dan thyme. Bahkan, kamu bisa menambahkan udang atau makanan lainnya supaya terasa lebih nikmat.

4. Alpukat terlalu matang jadi puding coklat

chocolate pudding
Puding coklat (Foto: Shutterstock)

Jika alpukat mulai warna coklat (belum seluruhnya), kamu bisa jadikan puding coklat. Namun, jika kamu salah mengolahnya, nanti hasil puding coklat bisa menjadi pahit. 

Cara agar puding alpukat coklat tidak pahit itu mudah, yakni jangan masak alputan bersama adonan puding agar warnanya tidak menghitam. Selain itu, penggunaan susu kental manis berperan penting ke dalam hasil adonan puding, supaya rasanya lebih legit dan nendang.

5. Sisa pisang jadi kue

Banana bread. sliced cake with banana, chocolate, walnut ...
Kue pisang (Foto: Shutterstock)

Pisang yang terlalu lama akan berubah warna dan berkurang rasanya. Namun, kamu bisa olah sisa pisang jadi kue. Caranya juga sangat mudah, yakni hancurkan pisang dan tambahkan bahan adonan lainnya, seperti tepung terigu, telur dan bahan kue lainnya.

Supaya menambah cita rasa, kamu bisa tambahkan varian topping lainnya, seperti keju, susu kental manis, coeklat bubuk, dan lain sebagainya.

Tag: kuliner ramadan keracunan makanan makanan sehat

Bagikan: