Sutradara Shrek 2, Kelly Asbury Meninggal karena Kanker Perut

Tim Editor

    Kelly Asbury. (Foto: Istimewa)

    Jakarta, era.id - Sutradara film animasi ternama, Kelly Asbury dikabarkan meninggal dunia pada Jumat (26/6). Asbury meninggal dalam usia 60 tahun akibat kanker perut.

    Diberitakan oleh Deadline, pihak keluarga Asbury yang diwakili oleh Nancy Newhouse Porter menyebutkan, saudaranya meninggal setelah berjuang melawan kanker perut selama beberapa tahun belakangan.

    “Dia adalah salah satu orang yang paling dikagumi dan dicintai di industri ini (perfilman dan animasi). Ini memilukan bagi semua orang,” kata Nancy Newhouse Porter, dikutip Deadline, Sabtu (27/6/2020).

    Sutradara kelahiran Beaumont, Texas, 15 Januari 1960 ini mengawali kariernya di seri multinasional ABC, The Littles dan The Black Cauldron. Tak berselang lama, Asbury bergabung dengan Walt Disney Feature Animation, sekaligus mulai terlibat di beberapa film animasi Disney seperti The Little Mermaid, The Rescuers Down Under, The Nightmare Before Christmas, dan James and the Peach Giant.

    Tetapi debutnya sebagai sutradara di mulai dari film Spirit: Stallion of the Cimarron, yang membuatnya kian semangat menggarap film-film animasi hebat produksi Walt Disney. Lewat film debutnya, Asbury masuk ke dalam nominasi Oscar 2003 kategori Best Animated Feature.
     

    Enggak berhenti sampai di situ, Asbury juga menciptakan film animasi monster berwarna hijau yakni Shrek 2 tahun 2004, sekaligus membawanya masuk ke jajaran nominasi untuk Festival Film Cannes kategori Palme d'Or, penghargaan kategori tertinggi untuk Festival Film Cannes.

    Nama Kelly Asbury juga tercatat sebagai penulis cerita untuk film klasik Disney berjudul Beauty and the Beast 1991 dan pengarang cerita film Toy Story tahun 1995. Dia juga pernah meminjamkan suaranya untuk film Shrek the Third, Gnomeo.

    Tag: kabar bj habibie meninggal dunia

    Bagikan :