Giring Ganesha Ungkap 3 Alasan eSport Kian Populer

Tim Editor

Giring Ganesha (Foto: Instagram/@giring)

Jakarta, era.id - Mantan vokalis grup musik Nidji, Giring Ganesha saat ini berkecimpung di dunia esport Tanah Air. Bahkan, pria bernama lengkap Giring Ganesha Djumaryo ini didapuk jadi Presiden Indonesia Esports Premier League (IESPL).

Pada kesempatan yang sama, Giring mengatakan jika eSport bisa menjadi profesi menjanjikan bagi generasi muda yang sangat akrab dengan perkembangan teknologi.

Dalam sesi webinar Potensi Besar Industri Gaming Indonesia pada Selasa (30/6), Giring menjelaskan potensi sektor eSports di Indonesia.

“Industri Gaming di Indonesia semakin diakui eksistensinya. Data dari IESPL 2019 menunjukkan Indonesia menempati peringkat 12 di pasar gaming dunia dengan total pemain game aktif sebanyak 62,1 juta orang. Secara keseluruhan di tahun 2019 industri ini menghasilkan pendapatan sebesar 1,04 miliar dolar AS,” ungkap Giring.

Dalam diskusinya, Giring menyampaikan tiga alasan mengapa eSports menjadi populer di kalangan masyarakat. 

1. Shifting from PC to mobile

"Ini menunjukkan pergeseran tren penggunaan game ke perangkat yang lebih praktis dan simple, yaitu melalui telepon genggam," ungkap Giring.

Di sisi lain, pasar mobile memang selalu mengalami pertumbuhan. Meski ada konsumen yang tetap mempertahankan PC. Tetapi, saat ini kebanyakan konsumen puas menggunakan mobile ketimbang pc. Sebab, pengalaman mereka bermain game di mobile sebagai komputasi utama mereka.

2. Shifting from single to multiplayer

"Yang berarti peminat game sekarang lebih memilih untuk memainkan game yang bermode multipemain karena dapat membangun semangat kebersamaan," ujar Giring.

Selain menghilangkan stres atau jenuh dan membangun semangat kebersamaan. Bermain game secara multiplayer, dapat mengasah otak kamu. Tentunya, setiap game membutuhkan strategi dan logika untuk menyelesaikan setiap level atau misi.

3. Shifting from playing to watching

"Ini juga dilakukan oleh peminat game untuk menonton pemain lain berstrategi dalam menyelesaikan sebuah game melalui berbagai platform digital," kata Giring.

Kini menonton game dari pemain lain juga banyak dilakukan orang. Selain tujuan untuk mempelajari game tertentu, biasanya seseorang menonton orang game bisa jadi hiburan tersendiri. 

Tag: asian games inisial artis ac chipset teknologi 7nm

Bagikan: