Sejajar dengan Sineas Dunia, Amelia Hapsari Juga Diundang Oscar

Tim Editor

    Ilustrasi piala Oscar (Instagram/@lakiettebe)

    Jakarta, era.id - Kabar baik bagi insan perfilman Indonesia di kancah dunia. Kali ini sutradara asal Indonesia, Amelia Hapsari jadi salah satu sutradara yang diundang dalam proses penjurian Oscar.

    Nama Amelia Hapsari jadi satu di antara 819 seniman dan eksekutif yang masuk ke dalam daftar undangan Oscar 2020. Sutradara yang menggarap film dokumenter Fight Like Ahok dan produser Rising From Silence ini masuk ke jajaran kelompok dokumenter bersama Yi Seung-jun (In The Absence), Garrett Bradley (Time), Laura Coxson (The Proposal), Yvonne Welbon (The New Black), dan masih banyak lagi.

    Berita baik ini juga turut dibagikan oleh Amel lewat akun Instagram pribadinya. Lewat unggahannya Amel mengungkap rasa senang dan bahagianya bisa menjadi bagian dari Oscar.
     


    "Terima kasih untuk semua orang yang bekerja keras mencalonkan saya sehingga lomba Oscar mencakup suara dan talenta yang lebih beragam dari dunia dokumenter," tulisnya.

    Keterlibatan sutradara asal Semarang ini juga sudah dikonfirmasi oleh pihak Oscar lewat situs resmi mereka. David Rubun, Presiden The Academy mengatakan pihaknya sangat senang bisa melibatkan para sineas hebat ke ajang penghargaan bergengsi tahunan ini.

    "Kami berharap dapat terus membina The Academy yang mencerminkan dunia sekitar dalam keanggotaan kita, program kita, museum baru kita, dan penghargaan kita," kata Dawn Hudson, CEO The Academy, dikutip dari website resmi Oscar, Kamis (2/7/2020).

    Selain Amelia Hapsari dan para sineas hebat lainnya, para pemain Parasite Choi Woo Shik, Jo Yeo Jeong, Park So Dam, Jang Hye Jin, Jo Yeo Jeong, dan juga Lee Jung Eun juga turut masuk ke daftar undangan beserta para kru dan sutradara.

    Pagelaran Oscar 2020 ini terpaksa ditunda dari jadwal sebelumnya pada 10 Februari 2020 menjadi 25 April 2021. Sedangkan pembacaan nominasi akan dilakukan pada 15 Maret 2021. Mundurnya acara bergengsi ini terpaksa dilakukan karena pandemi COVID-19 yang terjadi hampir di seluruh dunia.

    Akibatnya pendaftaran film berbagai kategori juga turut mendapat keringanan pendaftaran hingga 15 Januari 2021 untuk kategori umum. Sedangkan kategori animasi, dokumenter panjang, animasi pendek, film pendek live-action, dokumenter pendek harus mendaftar paling lambat 1 Desember 2020.

    Saat ini Amelia Hapsari menjabat sebagai Program Director di In-Docs, sebuah organisasi non-profit yang fokus dengan pengembangan film dokumenter. Bukan cuma fokus di pasar Indonesia saja, In-Docs yang dia pimpin itu juga menjaring pasar internasional sejak 2015.

    Tag: hari film nasional 2018

    Bagikan :