Muka Ibu Ini Hancur Gara-Gara Pakai Steroid untuk Obati Eczema

Tim Editor

Muka ibu hancur (Foto: MDWfeatures/Anita Wong)

Jakarta, era.id - Seorang ibu asal Auckland menceritakan pengalaman pahit saat dirinya menggunakan steroid. Ia memakai krim ini karena percaya steroid bisa menyembuhkan penyakit eczema yang dideritanya. 

Eczema adalah kondisi kulit yang ruam kemerahan dan biasanya disertai dengan rasa gatal. Eczema juga dikenal dengan sebutan dermatitis. Sayangnya, kondisi bukan tambah membaik, malah kulit wajahnya semakin hancur.

Ibu beranak dua ini mengaku krim steroid membuatnya dirinya kehilangan penglihatan di satu mata. Ia mengalami rasa sakit begitu parah hingga terasa sulit untuk bernapas.

Dikutip dari Daily Mail,Selasa (7/7/2020), ibu bernama Anita Wong telah menggunakan krim dan beragam perawatan untuk menyembuhkan eczema yang dideritanya. Nahas, ibu berusia 36 tahun ini tidak tahu jika krim yang digunakan dapat membahayakan kesehatan.


Muka ibu hancur (Foto: MDWfeatures/Anita Wong)

Sebelumnya, Anita memutuskan untuk berhenti menggunakan obat untuk mengobati kondisi kulit. Akibatnya kini, kulitnya menjadi pecah-pecah, mengelupas, dan gatal-gatal.

Kondisi ini dinamakan Topical Steroid Withdrawal (TSW). Fase yang harus dilewati orang-orang yang telah menggunakan steroid dalam waktu lama dan memutuskan untuk berhenti menggunakannya.

Anita pertama kali didiagnosis menderita eczema ketika dia berusia lima tahun. Ia merasa malu dan khawatir teman-temannya akan berpikir penyakit dideritanya dapat menular.


Sebelum berhenti memakai steroid (Foto: MDWfeatures/Anita Wong)

"Sebagai seorang anak, orang tua saya dan saya selalu mencari cara untuk menyembuhkan kondisi ini. Setiap kali menjalani berbagai pengobatan tidak bekerja dengan baik. Hingga akhirnya saya menggunakan steroid," kata Anita.

“Ini sangat memengaruhi kepercayaan diri dan kehidupan sosial saya. Sangat gatal yang kurasakan saat ini. Oh iya, sejak usia muda saya menderita insomnia. Saya tidak pernah merasa nyaman dengan kulit saya sendiri dan semakin memburuk selama bertahun-tahun. Ini berlangsung selama 25 tahun," lanjutnya.

Anita telah melakukan pengobatan ke dokter kulit, dan spesialis alergi yang tak terhitung jumlahnya. Selain itu, Anita mencoba pengobatan alami tapi semua bekerja hanya sementara.

Ketika dia mengandung anak pertamanya bernama Kingsley, Anita sempat memutuskan untuk berhenti menggunakan steroid. Hingga akhirnya menyebabkan kulit wajahnya rusak parah.

“Saya berhenti menggunakan steroid ketika saya hamil. Makanya, kulit eczema saya makin parah. Ketika saya akhirnya melahirkan, saya benar-benar perlu istirahat. Terutama berurusan dengan bayi yang baru lahir. Maka dari itu saya kembali ke dokter,"ungkap Anita.

Tag: asteroid jatuh hari perempuan internasional viral anak nonton porno eczema

Bagikan: