Wajib Tahu, Daftar Makanan Supaya Istri Cepat Hamil

Tim Editor

Ilustrasi wanita hamil (Foto: Pexels/Glauber Torquato) Viviana Rishe

Jakarta, era.id - Memiliki anak merupakan dambaan semua pasangan. Sayangnya, ada beberapa pasangan yang harus menunggu lama untuk memiliki anak. 

Dalam dunia kesehatan, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar cepat punya anak. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat. Faktanya, dengan mengonsumsi diet sehat bisa meningkatkan kesuburan dan menurunkan risiko cacat lahir.

Dikutip dari Halodoc, Rabu (8/7/2020) berikut makanan yang disarankan supaya istri cepat hamil:

1. Daging

Close-Up Photo of Man Cooking Meat
Daging bakar (Foto: Pexels/Min An)

Misalnya, daging sapi dan ayam rendah lemak. Daging tersebut mengandung banyak protein dan zat besi yang baik untuk kandungan. Namun, kamu tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya lebih dari tiga porsi setiap hari. Alasannya, mengonsumsi protein hewani berlebihan bisa menurunkan kesuburan.

2. Protein Nabati

Protein nabati didapatkan dari kacang-kacangan dan biji-bijian. Beberapa studi membuktikan mengganti protein hewani dengan protein nabati selama program kehamilan bisa mengurangi risiko ketidaksuburan. Maka itu, kamu bisa mengombinasikan konsumsi protein hewani dengan protein nabati, seperti kedelai (tahu atau tempe), kacang polong, atau kacang tanah.

3. Ikan

Cook Fish on White Ceramic Plate
Ikan (Foto: Pexels/Pixabay)

Tidak hanya bagus untuk otak, konsumsi ikan bermanfaat untuk menjaga libido dan kesuburan pasangan suami istri (pasutri). Ikan kaya asam lemak omega-3, seng, dan mineral yang bermanfaat untuk meningkatkan jumlah dan kelincahan pergerakan sperma pria. Beberapa jenis ikan yang bisa dikonsumsi selama program kehamilan adalah ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, dan ikan lele. Sedangkan, beberapa jenis ikan yang bermerkuri tinggi tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena bisa berbahaya bagi kandungan, seperti ikan makarel raja, ikan todak, dan ikan tilefish.

4. Karbohidrat Kompleks

Ini adalah jenis karbohidrat yang terdiri atas molekul gula panjang dan kompleks. Karbohidrat jenis ini banyak ditemukan pada jenis makanan seperti kacang polong, gandum, roti, atau nasi. Jika kamu berencana hamil setelah menikah, sebaiknya ganti konsumsi karbohidrat olahan dengan karbohidrat kompleks. Alasannya, karbohidrat olahan bisa meningkatkan kadar gula darah dan insulin yang bisa mengganggu hormon reproduksi dan mengacaukan siklus menstruasi.

5. Makanan yang Mengandung Zinc

person holding plate with oysters
Makanan mengandung seng (Foto: Unsplash/Viviana Rishe)

Zinc dapat melancarkan siklus menstruasi dan meningkatkan produksi sel telur yang berkualitas. Zinc juga berperan penting dalam pembentukan sel dan DNA, serta perkembangan janin dalam kandungan. Sebuah studi menemukan seng bisa mencegah kelahiran prematur, kelainan otak, mata, jantung, dan mencegah bibir sumbing saat perkembangan janin. Asupan ini bisa ditemukan pada tiram, telur, produk susu, biji-bijian utuh, daging ayam, dan sapi.

Tag: virus rubella pada wanita hamil kesehatan tips sehat

Bagikan: