Sawyer, Si Barista Robot dari Jepang

Tim Editor
Jakarta, era.id – Kemajuan teknologi memang enggak ada habisnya. Terutama Jepang yang nggak pernah berhenti berinovasi soal robot. Kali ini ada robot bernama Sawyer yang akan melayani kamu kalau beli kopi di Henna Cafe, Shibuya, Tokyo. “Henna Cafe” dalam bahasa Jepang artinya kafe aneh.

Sawyer mulai menjadi barista di Henna Cafe sejak pekan lalu. Ada tujuh menu kopi yang dapat dipilih yaitu Authentic Drip Coffee, Americano, Caffe Latte, Cappucino, Cocoa, Cafe Mocha, dan Matcha Latte. Dilansir dari time.com, pelanggan yang ingin menikmati kopi buatan Sawyer harus membeli tiket dari mesin penjual otomatis.



Tiket itu akan dipindai oleh Sawyer dan ia akan menyapa pelanggannya. Sapaannya bernada datar ala robot dengan tampilan wajah dari layar tablet yang rupanya seperti kartun.
Sawyer akan menyapa pelanggannya dalam bahasa Jepang dengan kalimat “maukah kamu kopi yang lezat?” Sawyer dapat membuat 5 gelas kopi sekaligus, sesuai tujuan penggunaan robot di Henna Cafe yaitu untuk meningkatkan produktivitas.

"Poin penting adalah meningkatkan produktivitas," kata Masataka Tamaki, General Manager of Corporate Planning di H.I.S. Co. Tamaki mengatakan hanya satu orang yang perlu mengawasi kafe tersebut. Sedangkan kafe biasa memerlukan beberapa orang.



Untuk menikmati secangkir kopinya, kamu harus merogoh kantong senilai 320 yen atau hampir Rp40.000. Penasaran gimana Sawyer membuat kopi? Simak video berikut yuk!
 

Tag: kopi gayo

Bagikan: