Salah Waktu Konsumsi, Makanan Sehat ini Justru Bisa Membahayakan

| 17 Jul 2020 19:08
Salah Waktu Konsumsi, Makanan Sehat ini Justru Bisa Membahayakan
Pisang (Foto: Unsplash/ Eiliv-Sonas Aceron)
Jakarta, era.id - Makanan sehat adalah salah satu faktor pendukung stamina tubuh manusia. Mengonsumsi makanan sehat dengan tepat bisa dapat mengoptimalkan asupan gizi dalam tubuh.

Tetapi tahukah kamu, makanan sehat bisa menimbulkan efek bahaya bagi tubuh bila dikonsumsi dalam waktu yang tidak tepat?

Dikutip dari Bright Side,Jumat (17/7/2020), ada beberapa waktu yang perlu dihindari seseorang jika ingin mengonsumsi makanan tertentu. Berikut lima makanan yang bisa membahayakan apabila dikonsumsi di waktu yang salah:

1. Pisang

Fruity Banana Pictures · Pexels · Free Stock Photos

Pisang (Foto: Pexels/Luis Quintero)

Pisang bisa menjadi pilihan yang baik untuk memulai pagimu. Namun, jika dikonsumsi dalam kondisi perut kosong, pisang dapat menurunkan tingkat energi seseorang. Mulanya kamu mungkin merasakan peningkatan energi berkat kandungan gula yang tinggi. Tetapi setelah beberapa jam, kamu cenderung merasa lelah dan lapar lagi. Makan pisang juga dapat menimbulkan ancaman bagi penderita gangguan iritasi usus besar yang bisa menyebabkan diare.

Jika kamu tidak siap untuk berhenti makan pisang untuk sarapan, cobalah menggabungkan dengan beberapa makanan lain yang mengandung lemak sehat seperti selai kacang.

2. Nasi

Nasi adalah makanan pokok masyarakat Indonesia. Kalau kata pepatah, tak lengkap rasanya jika makan tak ada nasi. Namun, nasi mengandung banyak karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Ini dikarenakan nasi mengandung kalori tinggi yang berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan jika dikonsumsi malam hari.

Mengonsumsi nasi waktu yang terbaik adalah siang hari. Hal ini dikarenakan metabolismemu akan bekerja cepat pada di jam tersebut. Selain itu, mempermudah bagi tubuhmu untuk mencernanya. 

3. Kacang

assorted-color nut on vase closeup photo

Kacang (Foto: Unsplash/Mgg Vitchakorn)

Kacang adalah sumber lemak dan kalori yang sehat. Namun, menjadikan kacang sebagai camilan malam hari bukanlah pilihan terbaik. Pilih kacang untuk sarapan atau sebagai camilan sehat di antara waktu makanmu untuk mendapatkan semua manfaat. Diantaranya adalah meningkatkan kesehatan jantung, menormalkan kadar kolesterol, dan berkontribusi pada penurunan berat badan serta kecantikan kulit dan rambutmu.

4. Keju tinggi lemak

Makan keju sebelum tidur memang sangat menggoda. Tetapi lebih baik jauhi dari makanan satu ini. Keju tinggi lemak sangat sulit dicerna yang artinya dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan mengganggu tidurmu. Di sisi lain, mengonsumsi keju untuk sarapan memberi tubuhmu kalsium yang sangat dibutuhkan yang meningkatkan pertumbuhan otot dan kesehatan tulang.

5. Apel

red apple fruit

Apel (Foto: Unsplash/Shelley Pauls)

Apel kaya serat dan mengandung asam alami yang meningkatkan fungsi pencernaan dan usus besar. Tetapi jika kamu makan apel di malam hari, asam dari mereka dapat menumpuk di perut menyebabkan ketidaknyamanan. Makan apel di malam hari juga dapat menyebabkan pembentukan gas yang berlebihan dan masalah dengan buang air besar. Waktu terbaik untuk makan apel adalah di pagi hari. Dengan cara ini bisa merangsang gerakan usus setelah lama tidur. 

Tags : kesehatan
Rekomendasi